KARYA
TULIS PEMAGANGAN TELLER
BAKTI BCA
TAHAP I
ANGKATAN 334
DISUSUN
OLEH :
NAMA : NAFIS A TOHA
NIP : 80628545472712
PT. BANK CENTRAL ASIA ( BCA ), Tbk
KCP RAWASARI
JAKARTA
2016
LEMBAR PENGESAHAN
NAMA : NAFIS A TOHA
NIP : 80628545472712
Angkatan : Teller Bakti Angkatan 334
Cabang : KCP Rawasari
Jakarta, 27 Januari 2016
Penulis,
(Mochamad Yan Rashidi )
Mengetahui, Mengetahui,
( Hesty
Mandayati ) ( Andriani
)
Kabag Layanan Operasional Kabag Layanan Operasional
Mengetahui,
( Rendra Pelita Putra )
Kepala Cabang KCP RAWASARI
DAFTAR
ISI
HALAMAN
LEMBAR
PENGESAHAN................................................................................................ 2
KATA
PENGANTAR........................................................................................................ 3
DAFTAR
ISI.......................................................................................................................4
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................................. 5
1.1 Latar
Belakang................................................................................................ 5
1.2 Tujuan Permagangan Bakti BCA ................................................................... 5
1.3
Manfaat Permagangan Bakti BCA ................................................................. 5
1.4 Maksud
dan Tujuan Karya Tulis…................................................................. 6
BAB
II LANDASAN TEORI......................................................................................... 7
2.1 Sejarah dan Perkembangan BCA.................................................................... 7
2.2 Manajemen ..................................................................................................... 8
2.3 Visi dan Misi BCA.......................................................................................... 9
2.4 Keunggulan BCA .......................................................................................... 9
BAB III PEMBAHASAN...............................................................................................
11
3.1 PRODUK SIMPANAN BCA....................................................................... 11
3.2 TELLER........................................................................................................ 18
3.3 SMART......................................................................................................... 19
3.4 Pengalaman Selama Proses Pemagangan Tahap I.............................................24
BAB
IV PENUTUP
....................................................................................................... 27
4.1
Kesimpulan................................................................................................... 27
4.2
Saran............................................................................................................. 27
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
ekonomi global membawa perubahan besar dalam dunia usaha. semakin banyak
perusahaan yang menginginkan tenaga kerja yang siap pakai dan potensial serta
berpengalaman dalam dunia kerja sehingga mereka dapat diandalkan.
Sehubungan
dengan itu PT. Bank Central Asia, Tbk memberikan kesempatan kepada lulusan SMA dan Perguruan Tinggi
agar dapat memperoleh kesempatan mendapatkan pengalaman bekerja melalui
permagangan di kantor cabang BCA sebagai Teller dan Customer Service.
Melalui
permagangan ini diharapkan dapat menjadi modal dasar untuk mendapatkan
pengalaman bekerja di dunia perbankan.
1.2 Tujuan Permagangan Bakti BCA
- Memberikan
pengetahuan,ketrampilan serta pengalaman melalui On The Job Training
selama 3 tahun berupa Praktek Kerja Lapangan sebagai Teller atau Customer
Service.
- Membantu
pemerintah meningkatkan kualitas SDM melalui permagangan yaitu
menjembatani kesenjangan antara lulusan pendidikan dan dunia kerja,
sehingga para peserta berpeluang menciptakan kesempatan bekerja.
- Membantu
para pencari kerja untuk mendapatkan pengalaman kerja, agar menjadi tenaga
kerja yang siap pakai. Dengan demikian, tenaga kerja ini diharapkan dapat
menjadi tenaga yang berkualitas
1.3 Manfaat Permagangan Bakti BCA
- Memberikan
kesempatan kepada lulusan SMA dan Perguruan Tinggi untuk
mendapatkan pengetahuan dan pengalaman bekerja di dunia Perbankan.
- Membantu
mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja yang siap pakai di dunia
perbankan.
3.
Meningkatkan pengetahuan peserta dalam menyelesaikan
masalah yang timbul dalam operasional bank khususnya yang berhubungan langsung
dengan nasabah
1.4 Maksud dan Tujuan Karya Tulis
Maksud dan tujuan karya tulis ini adalah sebagai berikut :
1.
Sebagai persyaratan menyelesaikan kontrak kerja satu
tahun sebagai Teller Bakti BCA
2.
Sebagai tugas dan kewajiban berupa laporan hasil kerja
atau pengalaman sebagai Teller Bakti BCA selama satu periode bertugas.
3.
Sebagai sarana Teller Bakti untuk memberikan pesan dan
kesannya serta memunculkan ide-ide dalam bentuk laporan karya tulis.
4.
Menambah keterampilan dalam memasuki dunia kerja
5.
Memperluas wawasan tentang program pemagangan
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Sejarah dan
Perkembangan BCA
BCA berdiri pada
tanggal 21 Februari 1957 di pusat perniagaan kota Jakarta dengan nama Bank
Central Asia, N.V. Setelah go public pada tahun 2002, BCA kini
bernama PT.Bank Central Asia, Tbk yang berkantor pusat di Jl. Jenderal
Sudirman kav 22-23 Jakarta Selatan.
Pada
perkembangannya BCA melakukan merger dengan Bank Sarana Indonesia (31 Januari
1973), Bank Gemari (30 Juni 1976) dan Bank Commercial (30 Maret 1979). Sejarah
perkembangan BCA selanjutnya, antara lain:
1) Perkembangan
BCA
a)
1977 : BCA menjadi bank
devisa ( bank yang dapat melayani transaksi dalam valuta asing ).
b)
1980 : BCA memiliki
kantor pusat, 7 Kantor Cabang Utama ( KCU ) dan 144 Kantor Cabang Pembantu ( KCP
).
c)
1984 : BCA memiliki 2
kantor perwakilan di Hongkong dan New York ( AS )
d)
1987 : Peluncuran BCA
Card ( Kartu ATM BCA ) yang merupakan awal jadi kartu paspor BCA.
e)
1989 : Peluncuran
Tahapan BCA
f)
1991 : Penerapan system
on – line dengan VSAT
g)
1992 : BCA menjadi
anggota SWIFT ( Society for Worldwide
INterbank Financial Telecommunication )
h)
1994 : Implementasi IBS
( Integrated Banking Sistem ) di seluruh cabang BCA
i)
1997 : Bca memiliki 88
KCU, ratusan KCP dan ATM plus, serta total aset berjumlah Rp.52,915 Triliun.
BCA meluncurkan Gebyar BCA di televise swasta.
j)
1998 : Krisis moneter,
BCA mengalami rush berkepanjangan dan diambil alih oleh Badan Penyehatan Perbankan
Nasional ( BPPN ) menjadi Bank Take Over ( BTO ), dimana pemerintah ( yang
diwakili BPPN ) menjadi pemegang saham mayoritas.
k)
2000 : Tanggal 25 April
2000, BPPN menyerahkan BCA kepada Bank Indonesia, yang berarti BCA telah
“sehat” kembali. Pada tahun itu BCA memiliki aset Rp.96,188 Triliun melakukan
penawaran umum 22,5% saham kepada masyarakat ( go Public ).
l)
2001 : BPPN
mendivestasikan 10% dari seluruh saham BCA sehingga kepemilikan BPPN atas BCA
turun menjadi 60,3%. Aset bca meningkat menjadi Rp.103,206 Triliun. BCA
meluncurkan internet banking WWW.KILIKBCA.COM.
m)
2002 : Pemerintah
melakukan divestasi ( pelepasan ) saham 51% yang dimenangkan oleh Farindo
Investment ( Mauritius ) Limited. Aset BCA mencapai Rp.117,304 Triliun.
n)
2003 : Memiliki total
aset Rp.133,60 Triliun ( 31 Desember 2003 )sebagai bank peringkat tiga terbesar
dibawah Bank Mandiri ( sekitar 250 Triliun ) dan Bank BNI.
o)
2004 : BPPN melakukan
divestasi atas saham BCA sebesar 1,4% kepada public melalui penawaran terbatas,
aset BCA berjumlah Rp.149.169 Triliun.
p)
2005 : Pada tanggal 21
September 2005 PPA ( Perusahaan Pengelola Aset – Pengganti BPPN ) menjual sisa
5,02% saham yang dimilikinya. Aset BCA berjumlah Rp.148,73 Triliun.
2.2 Manajemen BCA
Pada 26 Mei
2005, BCA mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum
Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Per tanggal 30 September 2005 komposisi
kepemilikan saham BCA dipegang oleh Farindo Investment (Mauritius) Ltd
qualitate qua (qq) Farallon Capital Management LLC, Sdr Bambang Hartono dan Sdr
Robert Budi Hartono (Ultimate Share Holders) sebesar 51,19 %, Anthony Salim
sebesar 1,77 % dan masyarakat sebesar 47,04 %.
2.3
Visi dan Misi BCA
2.3.1
Visi BCA
Visi dari BCA
adalah menjadikan BCA sebagai bank pilihan untuk transaksi perbankan bagi
masyarakat.
2.3.2
Misi BCA
Misi
BCA, antara lain :
1. Memperkokoh
posisi sebagai bank transaksi yang menjadi pilihan nasabah.
2. Meningkatkan
peran intermediasi keuangan.
3. Mengembangkan
BCA sebagai lembaga keuangan terkemuka.
4. Meningkatkan
nilai franchise dan stakeholders.
5. Memahami
kebutuhan nasabah.
Berpedoman
pada misi dam visi yang telah di canangkan, BCA memiliki strategi bisnis sebagai berikut :
1.
Memperkuat strategi
positioning sebagai transaction banking.
2.
Meningkatkan fungsi intermeditasi.
3.
Mengembangkan
relationship banking.
2.4
Keunggulan BCA
- Merupakan
bank swasta nasional terbesar saat ini di Indonesia dan menjadi salah satu
asset nasional yang penting didalam menunjang perekonomian.
- Memiliki
produk yang inovatif dan kompetitif, yaitu hampir menyediakan semua jenis
produk dan fasilitas perbankan yang dibutuhkan
masyarakat, antara lain :
1. Berbagai
Jenis ATM.
-
ATM Multi Fungsi. jenis
ATM ini merupakan
jenis ATM yang sudah umum digunakan
sehari – hari untuk berbagai transaksi perbankan baik tunai maupun non tunai.
-
ATM Non Tunai.
Merupakan ATM yang khusus melayani transaksi
perbankan non tunai. ATM
ini memakai layar
sentuh dan bisa transfer dana dengan berita, sehingga penerima dana bisa
mengetahui siapa dan apa tujuan pengiriman dana tersebut.
-
ATM Setoran Tunai.
Lewat ATM ini kita bisa setor dana tunai baik ke rekening sendiri ataupun ke
rekening BCA lain secara Online 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Sehingga
setoran tunai sekarang tidak lagi bergantung pada operasional bank.
2. Debit
BCA / Kartu Kredit BCA dan Tunai BCA.
BCA bekerjasama dengan ribuan merchantnya
juga menjalani kerjasama untuk kemudahan dan kenyamanan kita membayar belanjaan
menggunakan fasilitas debit BCA / Kartu Kredir BCA. Tidak hanya untuk transaksi
belanja, merchant – merchant BCA itu juga siap membantu kita yang ingin
mengambil uang tunai setelah berbelanja dengan debit BCA. Biasanya merchant
yang menyediakan penarikan tunai ini ditandai dengan logo Tunai BCA yang
berwarna merah.
3. Klik
BCA.
Layanan perbankan yang menggunakan
jaringan internet ( internet banking ) ini, memungkinkan kita melakukan
berbagai transaksi financial dan non financial darimana saja selama ada
jaringan internet. Untuk mendapatkan layanan ini cukup mudah, terlebih dahulu
kita melakukan registrasi di ATM BCA, untuk mendaptkan User-ID dan PIN. Setelah
itu login ke www.klikbca.com
untuk mengajukan permohonan Key BCA pada menu Administrasi dan Registrasi Key
BCA. Key BCA diperlukan, saat kita hendak melakukan transaksi financial, seperti transfer, bayar tagihan dan lain –
lain.
4. m
– BCA
Layanan ini memungkinkan kita memenuhi
berbagai transaksi perbankan, sebagai mobile atau bergerak. Caranya cukup
dengan mendaftarkan atau meregistrasikan no ponsel di ATMBCA, setelah itu melapor ke cabang BCA terdekat untuk membuka
jaringan transaksi financial.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PRODUK
SIMPANAN BCA
3.1.a TAHAPAN
Tabungan Hari
Depan atau yang lebih dikenal dengan TAHAPAN BCA adalah salah satu produk
perbankan unggulan BCA. Didukung oleh jaringan ATM BCA, kantor cabang,
KlikBCA, m-BCA yang terhubung secara real time online, layanan Tahapan BCA
menjadi begitu mudah dan menyenangkan karena dapat diakses kapan saja dan dari
mana saja. Per Juni 2007, terdapat lebih dari 5.332 ATM BCA yang tersebar di
seluruh Indonesia. Selain itu, akses terhadap layanan ATM BCA menjadi lebih
luas lagi lewat jaringan ATM Prima. TAHAPAN adalah rekening tabungan yang
menyediakan berbagai macam manfaat yang memudahkan nasabah dalam transaksi
perbankan dan juga menyediakan program-program berhadiah yang sangat menarik.
Banyak Hadiahnya:
Sebagai bentuk
apresiasi terhadap kepercayaan nasabah kepada BCA, selama bertahun-tahun
Tahapan BCA memberikan berbagai macam hadiah menarik kepada para nasabah,
melalui program-program Gebyar Hadiah Tahapan. Tahapan BCA merupakan produk
tabungan pertama yang memberikan hadiah pada pemilik rekening. Hanya dengan
kelipatan saldo rata-rata per bulan Rp 5.000.000 dari Tahapan BCA Anda, Anda
akan mendapat kupon undian dan otomatis diikutsertakan dalam program undian
Gebyar Hadiah Tahapan BCA.
Banyak Manfaatnya:
I. Pada saat pembukaan rekening Tahapan
BCA, Anda akan mendapat
kartu Paspor BCA yang digunakan untuk berbagai transaksi sbb:
-
Menarik uang tunai dan
melakukan berbagai transaksi perbankan di ATM BCA yg tersebar di seluruh
Indonesia
-
Berbelanja di puluhan
ribu merchant bertanda Debit BCA di Indonesia
-
Berbelanja sekaligus
mengambil uang tunai di merchant-merchant bertanda Tunai BCA
-
Mengambil uang tunai di
tempat-tempat bertanda “Cirrus” di seluruh dunia dan berbelanja di
tempat-tempat bertanda “Maestro” di seluruh dunia
-
Pembayaran berbagai
tagihan seperti kartu kredit, telepon, ponsel, listrik, internet, pendidikan,
ticket/voucher, reksadana, mail order BCA, dll.
-
Informasi saldo dan
kurs valuta asing
-
Pembelian pulsa isi
ulang
-
Transfer antar rekening
BCA
-
Mengakses
hampir semua fasilitas non-tunai yang ada di ATM BCA melalui fasilitas internet
banking KlikBCA dan mobile banking m-BCA
Manfaat lainnya:
II. Mendapat buku Tahapan BCA sebagai
bukti tabungan, yang berfungsi sebagai catatan transaksi rekening Anda.
-
Melakukan transaksi
penarikan dan penyetoran di setiap kantor cabang BCA di seluruh Indonesia
dengan frekuensi tidak terbatas
-
Bunga tabungan yang
dihitung berdasarkan saldo rata-rata bulanan
-
Fasilitas rekening
gabungan (joint account)
-
Fasilitas auto-debet
-
Fasilitas transfer
secara otomatis
-
Dapat dijadikan sebagai
jaminan kredit
Persyaratan:
-
Penabung adalah
perorangan atau yayasan
-
Pemohon mengisi dan
menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA
-
Pemohon membawa dan
menyerahkan fotocopy bukti identitas diri yang masih berlaku
-
Setoran awal minimum Rp
500.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp 50.000,-
-
Saldo minimum Rp
10.000,-
-
Tabungan dikenakan
biaya administrasi bulanan
Tabungan Hari
Depan BCA atau yang lebih dikenal dengan TAHAPAN BCA merupakan salah satu
produk perbankan unggulan BCA yang paling diminati nasabah dengan total
komunitas sebesar 6 juta orang. Tahapan BCA menjadi sangat penting karena
didukung oleh jaringan ATM BCA dan kantor cabang yang terhubung secara online
dan tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu melalui layanan BCA ByPhone,
Internet Banking KlikBCA, dan Mobile Banking m-BCA menjadikan Tahapan BCA bisa
diakses kapan saja dan dimana saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
3.1.b TAHAPAN GOLD
Tahapan BCA
dengan segala kemudahannya menjadikannya banyak digunakan oleh pebisnis dalam
membantu kelancaran usaha mereka. Tanggap akan kebutuhan pebisnis dan untuk
memberikan yang terbaik, BCA kini menghadirkan Tahapan Gold yang disediakan
khusus bagi nasabah bisnis dalam membantu kelancaran usahanya.
Selain berbagai
keunggulan Tahapan Gold di atas, nasabah masih tetap dapat menikmati berbagai
manfaat lain sama seperti fasilitas Tahapan BCA.
Keunggulan Tahapan Gold:
-
Ukuran buku tabungan
yang lebih Kecil
-
Dengan ukuran yang
lebih kecil seukuran saku, buku tabungan Tahapan Gold menjadi lebih mudah untuk
dibawa ke mana-mana.
-
Informasi mutasi
rekening lebih lengkap
-
Pada buku Tahapan Gold
selain berisi nominal transaksi dan saldo, juga memuat detail setiap transaksi
seperti nama penerima/pengirim, informasi pembayaran dan berita.
-
Layanan
Autoprint
Nasabah
dapat mencetak sendiri buku Tahapan Gold melalui mesin Self Service Passbook
Printer (SSPP)
-
Layanan
info via SMS / e-mail
Nasabah
dapat mengetahui informasi aktual tentang transaksi bisnis melalui SMS atau
e-Mail. Informasi yang dapat diperoleh nasabah melalui layanan ini adalah:
Informasi
Saldo, yang bisa dikirim setiap hari / setiap hari tertentu / setiap tanggal
tertentu sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Transaksi
atas rekening Tahapan Gold-nya, di mana nasabah dapat menentukan jenis
transaksi dan nominal transaksi.
-
Layanan
Appointee
Nasabah
dapat menunjuk 2 orang yang dipercaya untuk melakukan transaksi perbankan.
Dengan membawa bukti kepemilikan rekening dan kartu identitas diri (milik
nasabah dan wakil yang akan ditunjuk) datanglah ke cabang asal tempat membuka
rekening untuk mengisi formulir permohonan Layanan Appointee dan menandatangani
Kartu Spesimen (milik nasabah dan wakil yang akan ditunjuk).
-
Automatic
Transfer System (ATS) online
Tahapan Gold
dilengkapi dengan Automatic Transfer System online, fasilitas transfer otomatis
dari rekening Tahapan Gold ke rekening giro sehingga kekurangan dana pada
rekening giro bisa langsung tertutupi dari dana yang tersedia pada rekening
Tahapan Gold. Dengan demikian nasabah tidak perlu khawatir cek yang
dikeluarkan ditolak karena kekurangan dana dan kredibilitas nasabah Tahapan
Gold pun terjamin.
Selain berbagai
keunggulan Tahapan Gold di atas, nasabah masih tetap dapat menikmati berbagai
manfaat lain sama seperti fasilitas Tahapan BCA.
Cara Memperoleh Tahapan Gold :
Nasabah yang
ingin mengganti Tahapan BCA-nya dengan Tahapan Gold dapat datang ke cabang
tempat membuka rekening dengan membawa buku Tahapan dan kartu identitas. Dan
untuk mendapatkan layanan Info via SMS / Email, layanan Appointee dan Automatic
Transfer System Online, nasabah perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di
cabang tempat membuka rekening.
Biaya
Mengenai biaya,
nasabah tidak perlu khawatir, karena untuk Tahapan Gold tidak dikenakan
biaya tambahan, sama dengan biaya Tahapan BCA.
3.1.c TAPRES
Dengan suku
bunga tabungan yang kompetitif, TAPRES memberikan Anda banyak keuntungan!
Praktis dan Menguntungkan!
-
Dapatkan Kartu TAPRES
yang berfungsi sebagai kartu identitas, kartu ATM BCA Gold yang dan sekaligus
juga berfungsi sebagai kartu Debit BCA dan Tunai BCA.
-
Nikmati berbagai
kemudahan layanan yang ditawarkan oleh jaringan ATM BCA dan kantor cabang
yang terhubung secara online di seluruh Indonesia, mulai dari penarikan tunai,
transfer sampai pembelian pulsa isi ulang dari sejumlah operator telepon
seluler.
-
Gunakan Kartu Tapres
untuk berbelanja di ribuan outlet toko yang memasang logo Debit BCA, dan pengambilan
uang tunai di merchant/toko Tunai BCA.
-
Kemudahan mengecek
posisi terakhir saldo tabungan melalui layanan BCA by Phone
-
Anda dapat memilih
pengiriman laporan rekening bulanan dikirim melalui surat, atau diambil sendiri
di kantor cabang BCA yang Anda inginkan.
Suku Bunga Menarik!
Semakin tinggi
saldo rata-rata tabungan Anda, maka semakin tinggi pula tingkat suku bunga yang
akan Anda dapatkan.
Persyaratan:
-
Berlaku bagi nasabah
perorangan yang telah berusia 17 tahun atau lebih.
-
Mengisi dan menandatangani
formulir permohonan di atas materai.
-
Membawa dan menyerahkan
fotokopi kartu identitas diri.
-
Setoran awal minimum Rp
5.000.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp 50.000,-
-
Untuk
saldo rata-rata per bulan < Rp 5.000.000,- akan dikenakan
denda/penalti bulanan.
-
Dikenakan biaya cetak
kartu dan biaya administrasi bulanan.
3.1.e GIRO
Layanan
perbankan BCA siap membantu kelancaran usaha Anda. Bisnis Anda pun akan
berkembang dengan Giro BCA yang multi guna dan ekstra manfaat
Mudah dan Leluasa
Didukung
oleh jaringan kantor cabang BCA yang terhubung secara online, Anda dengan
mudah dapat melakukan transaksi keuangan dengan berbagai keleluasaan, antara
lain:
-
Tersedia 8 pilihan mata
uang (IDR, USD, JPY, AUD, GBP, SGD, HKD dan EUR).
-
Tersedia fasilitas
rekening gabungan (joint account)
-
Dapat melakukan
transaksi penarikan atau penyetoran antar cabang.
-
Fasilitas debit
otomatis untuk pembayaran rekening listrik dan telepon.
-
Fasilitas auto-transfer
(khusus untuk rekening giro IDR)
-
Nikmati juga fasilitas
KlikBCA dan m-BCA
Letter of Authorization
-
Anda dapat melakukan
penarikan rekening setiap saat dengan menggunakan sarana Letter of
Authorisation (LA).
-
Karena LA tidak dapat
dipindahtangankan, Anda tidak perlu merasa kuatir apabila LA tersebut hilang dan
ditemukan oleh orang lain.
-
LA tidak dapat
digunakan sebagai alat pembayaran/ dipindahtangankan (not negotiable
instrument) seperti layaknya cek atau bilyet giro.
-
LA tidak dapat
dikliringkan, diinkasokan, maupun diuangkan antar cabang.
a.
Fasilitas
ATM BCA
Dengan
memiliki rekening Giro BCA, Anda dapat mengajukan fasilitas ATM BCA yang
sekaligus berfungsi sebagai kartu Debit BCA dan Tunai BCA
b.
Laporan
Rekening Bulanan
Setiap
bulan, Anda akan menerima rekening koran yang dapat diambil di kantor cabang BCA
atau dikirim ke alamat sesuai permintaan Anda
c. Fasilitas BCA by Phone
Untuk
mendapatkan informasi yang berhubungan dengan rekening Giro Anda seperti
informasi saldo, kiriman uang, inkaso dan transaksi lainnya, Anda dapat
memanfaatkan fasilitas BCA by Phone.
Persyaratan:
-
Pemohon berusia 21
tahun keatas atau telah menikah.
-
Tidak termasuk dalam
daftar hitam BI.
-
Mengisi dan
menandatangani formulir permohonan.
-
Menyerahkan fotokopi
identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/PASSPORT untuk warga negara Indonesia
dan Passport dan KIMS untuk WNA)
-
NPWP dan Surat
Referensi.
-
Setoran awal :
- Giro
Rupiah Rp 1.000.000,-
- Giro
Valas USD 1.000 atau ekuivalen
Dikenakan biaya
administrasi bulanan.
3.1.f DEPOSITO BERJANGKA
Deposito BCA adalah
cara terbaik untuk berinvestasi dengan nilai tinggi. Deposito
BCA memberikan keuntungan dan memiliki keleluasaan tinggi.
a. Pilihan
Jangka Waktu
Anda dapat memilih sendiri jangka
waktu deposito sesuai dengan keinginan Anda, mulai:
1 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
3 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
6 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
12 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
b. Anda
Bebas Menentukan Pilihan Pengelolaan Dana
-
Ada 8 pilihan mata
uang: Rupiah, USD, SGD, HKD, AUD, JPY, GBP, dan EUR.
-
Anda bisa mentransfer
bunga deposito Anda secara otomatis ke rekening Giro/Tapres/Tahapan BCA/BCA
Dollar atau rekening di bank lain.
-
ARO (Automatic Roll
Over): Perpanjangan nominal deposito secara otomatis.
-
ARO+: Perpanjangan
nominal deposito plus bunga secara otomatis pada saat jatuh tempo dengan jangka
waktu yang sama.
-
Non ARO: Bila tidak ada
permintaan dari deposan, maka deposito yang sudah jatuh tempo tidak akan
diperpanjang secara otomatis.
-
Suku bunga yang
kompetitif.
-
Bisa digunakan sebagai
jaminan kredit.
Persyaratan
-
Melengkapi dan
menandatangani formulir permohonan.
-
Membawa dan menyerahkan
kopi identitas diri yang masih berlaku, KTP/SIM/Passport untuk warga negara
Indonesia dan KIM dan Passport untuk WNA
-
Setoran awal minimum
untuk Deposito Berjangka Rupiah adalah Rp 8.000.000,- dan ekuivalen USD 1.000
untuk Deposito Berjangka Valas.
-
3.2 TELLER
Tugas Dan Tanggung
Jawab Teller Bakti
Setiap peserta
magang bakti mempunyai kewajiban, antara lain :
1.
Kehadiran pada jam kerja dikantor cabang ( pkl. 08.00 –
17.00 WIB ).
2.
Mentaati peraturan dan jangka waktu program pemagangan.
3.
Menjaga kerahasiaan perusahaan dan nasabah.
4.
Berkelakuan sopan dan berpenampilan baik serta rapi
demi menjaga citra perusaahaan baik selama pelatihan maupun selama magang.
Sebagai salah satu mata rantai terdepan dalam pelayanan bank,
Teller merupakan salah satu titik persepsi kritik bagi Nasabah. Dengan
demikian, Teller ikut menentukan citra bank dimata Nasabahnya.
Tugas dan tanggung jawab Teller Bakti dalam Program Magang
Bakti BCA antara lain sebagai berikut:
1.
Berhubungan langsung dengan Nasabah bank untuk melayani
berbagai jenis trasaksi perbankan.
2.
Melayani dan memenuhi harapan Nasabah sehingga Nasabah
bisa menjadi loyal terhadap bank.
3.
Melakukan pekerjaan administrasi.
4.
Menguasai sistem dan prosedur bagiannya.
5.
Melakukan tugas rutin dengan baik.
6.
Menguasai produk-produk bank, terutama Bank BCA.
7.
Mampu berinteraksi ( Human Relationship ) dengan baik.
Peran Teller dalam hal ini menjadi salah satu penghubung
antara bank dengan Nasabah sebagai salah satu penentu citra bank dan sebagai
ujung tombak.
3.3 SMART
SMART merupakan standar layanan BCA yang diharapkan memenuhi
kebutuhan Nasabah, menjadi konsistensi dan keseragaman pelayanan di BCA.
SMART
menjadi Moto Layanan BCA. SMART terdiri dari :
·
SIGAP
o
Siap membantu,
menunjukan sikap dan keinginan untuk membantu Nasabah dalam keadaan
apapun.
o
Cekatan, yaitu melayani Nasabah dengan cepat dan
tepat
o
Antisipatif, yaitu dapat mengantisipasi, tanggap
dan responsive terhadap kebutuhan Nasabah.
o
Dapat diandalkan, yaitu dapat melaksanakan
kepercayaan yang di berikan Nasabah kepada Kita, misalnya menyelesaikan
pekerjaan dengan benar, tepat waktu sehingga Nasabah merasa puas.
o
Disiplin, yaitu tidak menunda pekerjaan,
menghargai waktu Nasabah dan konsisten dalam melaksanakan tugas.
·
MENARIK
o
Penampilan Fisik, yaitu Mampu menampilkan diri
dengan rapih dan bersih, serasi, bahasa tubuh yang baik dan perilaku yang
sopan.
o
Penampilan Non Fisik, yaitu menunjukan rasa
percaya diri dalam menghadapi Nasabah dengan bekal pengetahuan produk yang baik
dan memahami peraturan.
o
Mampu berinteraksi dengan baik
o
Kredibilitas atau Reputasi yaitu tampil
meyakinkan di depan Nasabah sehingga Nasabah percaya untuk melakukan hubungan
dengan kita.
·
ANTUSIAS
o
Semangat, yaitu mengarahkan seluruh tenaga dan
pikiran dengan mencerminkan ekspresi wajah yang penuh gairah dan suasana hati
yang gembira.
o
Pandangan Positif, yaitu mempunyai pandangan
bahwa Nasabah datang untuk dilayani yang terbaik.
o
Proaktif, yaitu mempunyai inisiatif untuk
melayani, tanpa menunggu.
·
RAMAH
o
Senyum, yaitu berikan senyum dengan tulus, walau
bagaimanapun perasaan hati kita, tapi kita dituntut untuk mengarahkan seluruh
tenaga dan pikiran dengan mencerminkan ekspresi wajah yang penuh semangat dan
suasana hati yang gembira.
o
Nada Suara, yaitu mempunyai pandangan bahwa Nasabah
datang untuk dilayani dengan sebaik mungkin dan menggunakan nada suara yang
“enak” didengar Nasabah.
o
Sopan, yaitu berperilaku yang santun sesuai
dengan budaya setempat.
·
TELITI
o
Memperhatikan dan melakukan pekerjaan secara
akurat, tepat dan seksama.
Selain seorang
Teller harus menjalankan SMART, pada saat di counter Teller pun harus
menunjukan sikap yang baik pada saat melayani Nasabah. Adapun perincian 7
Kunci Sikap Teller, yaitu :
o
Kunci 1…….SENYUM
§ Berdiri
saat menyambut Nasabah
Pastikan
penampilan rapih dan bersih (Name tag terbaca Nasabah) dan tempat kerja sudah
rapih (Meja counter bersih, rapih dan tidak berdebu).
§ Tatap
mata Nasabah / ada kontak mata
Pastikan kita tersenyum saat kontak mata dengan
Nasabah.
§ Beri
senyum dengan tulus
Condongkan badan
kita kedepan dan menganggukan kepala agar senyum kita mendapat perhatian /
terlihat Nasabah.
o
Kunci 2……. SALAM
§ Gerakan
tangan kita dengan tangan terbuka sambil mengatakan “Antrian selanjutnya
silakan……..”
§ Ucapkan
salam dengan nada suara ramah dan sopan
§ Menyapa
dengan sebutan Bapak / Ibu :
“Selamat…………Pak / Bu”
§ 08.00
– 11.00 Selamat Pagi
§ 11.01
– 15.00 Selamat Siang
§ 15.01
- 17.00 Selamat Sore
§ Untuk
Nasabah yang kita sudah kenal, sapalah dengan sebutan Pak / Bu, di ikuti dengan
nama Nasabah dan tawarkan bantuan.
“ Selamat Siang Pak Anwar. Ada yang bisa saya
bantu Pak ?? “
§ Untuk
Nasabah yang belum kita kenal, maka perkenalkan terlebih dahulu nama kita,
kemudian tanyakan nama Nasabah dan tawarkan bantuan.
Teller : “ Silakan,
Selamat Pagi/Siang. Saya Lia.. dengan
Bapak / Ibu ?? “
Nasabah
: “ Nama saya Bapak Anwar, Mba ”
Teller
: “ Pak Anwar, Ada yang bisa saya bantu ?? “
o
Kunci 3……. SIAP MEMBANTU
§ Segera
melayani keperluan Nasabah dengan antusias, cekatan dan ramah.
§ Tersenyum
dalam melayani Nasabah.
§ Segera
minta izin kepada Nasabah untuk diterima slip transaksi, dokumen transaksi,
uang dll. “Boleh saya terima slip dan uangnya Pak / Bu …..??”
§ Menanggapi
permintaan uang receh, usahakan untuk menukarkan dengan Teller lain / khasanah
bila tidak memiliki.
§ Tidak
bekerja sambil berbicara dengan rekan kerja lain (fokus pada transaksi Nasabah
yang sedang dilayani).
§ Minta
izin saat kita melakukan interupsi Nasabah, seperti : Fotocopy KTP, Minta Super
/ berbicara dengan Kabag Teller, dll.
§ Jangan
lupa ucapkan terima kasih, setelah selesai melakukan interupsi. “Terima Kasih
Pak / Bu, atas kesabaran Bapak /Ibu …. Menunggu “
§ Jika
sedang dalam kondisi tidak normal (Misal komputer off line), menawarkan bantuan
/ memberikan informasi dan alternatif solusi.
§ Berdiri
pada saat melayani, tidak boleh sambil bersandar dengan meja Teller (berdiri
tegap).
o
Kunci 4……. PROSES TRANSAKSI DENGAN TELITI
§ Periksa
kebenaran pengisian data / slip / warkat dan identitas Nasabah seperti : Jumlah
dana yang di setor, tanggal pada slip, nominal huruf.
§ Cara
menghitung uang, manual di depan Nasabah dan dengan mesin hitung dan meminta
Nasabah untuk melihat ke mesin hitung dengan ucapan dan gerakan tangan.
§ Proses
transaksi dengan teliti :
Pengisian
slip transaksi / document transaksi, jumlah uang tunai yang diterima /
diserahkan, validasi dan persetujuan pejabat yang terkait. Izin Nasabah saat
melakukan Interupsi, seperti : tukar uang ke Teller lain, minta super,
konfirmasi transaksi, dll. Ucapkan terima kasih setelah melakukan Interupsi
Nasabah,
“
Terima kasih atas kesabaran Ibu/Bapak ……… menunggu “
o
Kunci 5…….KONFIRMASI
§ Izin
kepada Nasabah untuk menghitung uang,
“
Saya hitung uangnya ya Pak/Bu ……, silahkan dilihat “
§ Ketika
Teller menerima / menyerahkan uang, dalam transaksi setoran, tarikan tunai,
transfer dan penukaran uang tunai.
Jangan lupa Teller
mengkonfirmasikan jumlah uangnya,
Contoh :
“ setoranya Rp.
10.000.000; ya Pak Anwar “. Tidak disarankan menggunakan kata-kata “ Uangnya
pas ya Pak/Ibu …….. “
Konfirmasi ke
Nasabah kebenaran pengisian slip transaksi ( Jumlah transaksi, penerima setoran
transaksi )
o
Kunci 6…….SEBUT NAMA
§ Sebut
nama Nasabah 3 kali selama melayani
§ Saat
mengawali pelayanan,
“
Nama saya ……… , dengan Bapak/Ibu “
“
Pak/Bu ………. Ada yang bisa saya bantu ? “
§ Selama
pelayanan, misal : Saat Teller melakukan konfirmasi penerimaan dan penyerahan
uang dll, wajib dilakukan minimal 1 kali saat setoran awal, debit rekening
tunai / transfer.
§ Mengakhiri
pelayanan,
“
Selamat …… Pak/Bu …… “
o
Kunci 7……. TERIMA KASIH
§ Pada
akhir layanan atau transaksi :
§ Berdiri
§ Menanyakan
lagi ada yang bisa di bantu ( Tidak, berikan dokumen Nasabah dan di teruskan
……. )
§ Kontak
mata ( Pastikan terjadi kontak mata )
§ Tersenyum
tulus
§ Ucapkan
terima kasih
§ Salam
: “Selamat pagi/siang/sore Pa/Bu….”
Dan seiring
berjalannya waktu PT Bank Central Asia
mempunyai slogan tambahan yaitu SOLUTION yang dapat diartikan sebagai berikut:
Simak
– Mengajukan pertanyaan
yang tepat dan menyimak dengan sungguh-sungguh untuk memahami kebutuhan
Nasabah.
Open-mind – Memperluas wawasan dan knowledge
tentang produk dan layanan BCA untuk dapat memberikan solusi sesuai
kebutuhan Nasabah.
Lengkap – Memberikan value dalam bentuk solusi
yang menjawab seluruh kebutuhan Nasabah.
Utamakan
kebutuhan Nasabah – Mengutamakan
kebutuhan Nasabah dan bukan sekedar menjual produk.
Telling Solution – Menceritakan bagaimana solusi yang
ditawarkan akan membantu Nasabah.
Inisiatif – Proaktif membangun dan meningkatkan
relasi dengan Nasabah secara berkesinambungan.
ON-time follow up – Menindaklanjuti
dan menyelesaikan kebutuhan Nasabah tepat waktu.
|
|
Dengan menggunakan SMART dalam setiap pelayanan bertransaksi,
sangat di rasakan sekali manfaatnya oleh semua pihak. Baik yang ada
dilingkungan pada perusahaan maupun Nasabah. Selain itu SMART juga dapat
merubah sifat dan karakter seseorang, karena sudah terbiasa menggunakan
dilingkungan kerja. Jadi, bisa di terapkan juga dilingkungan sehari-hari.
SMART sangat luas pengertiannya, secara garis besar
menyangkut memberikan pelayanan yang terbaik untuk Nasabahnya. Semua hal di
perhatikan, dari penampilan luar, kinerja kita pada saat bekerja dan
pengetahuan yang kita ketahui terutama mengenai produk-produk BCA.
3.4
Pengalaman Selama Proses Pemagangan
Tahap I
Teller merupakan salah satu titik persepsi kritis bagi
nasabah dan juga sebagai salah satu mata rantai terdepan dalam pelayanan Bank,
dengan demikian Teller ikut menentukan citra Bank dimata nasabahnya. Penulis senang dan bersyukur dapat
bekerja sebagai Teller karena selama bekerja penulis dapat selalu senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada
nasabah sebab tugas Teller selalu berhubungan dengan transaksi perbankan.
Sebagai Teller penulis pun
bertanggung jawab dalam menjalankan tugas
seperti menguasai system dan prosedur bagiannya, melakukan tugas rutin
dengan baik, menguasai pengetahuan mengenai produk-produk bank dan mampu
berinteraksi dengan baik dengan nasabah.
Selama penulis
menjalankan proses magang menjadi “TELLER BAKTI” selama satu tahun banyak
sekali berbagai pengalaman suka maupun duka yang penulis dapat. Berikut ini Pengalaman yang penulis alami ketika penulis menjadi teller semoga dengan
pengalaman ini menjadikan Guru yang paling berharga dalam menjalani kehidupan
di masa yang akan datang.
·
Masa OJT ( On the Job Training ) Dan
Penempatan
Ketika penulis
dinyatakan Lulus dalam tes pelatihan selama satu minggu di Training Center. Penulis mendapatkan tugas sebagai
“TELLER BAKTI” yang bertugas tetap disalah satu cabang yang telah ditetapkan.
Tempat On The Job Training ( OJT ) dan penempatan penulis
sama yaitu pada BCA KCP
RAWASARI. Selama tiga hari penulis melakukan
observasi kinerja rekan-rekan teller bakti dan karyawan senior. Menginjak hari
ke-4, penulis mulai buka counter, tapi
sebelumnya penulis masih
mendapat arahan dan bimbingan dari Head Teller, Teller senior serta teman –
teman Teller Bakti yang lain. Hati
penulis sangat berdebar sekali dan masih merasa gugup pada saat menerima
nasabah, counter yang penulis
jalani yaitu di setoran tunai sampai dengan 10 juta .
Setelah itu penulis
menjalani hari – hari dan selalu berhadapan dengan macam – macam transaksi
mulai dari menerima nasabah dengan pelayanan standar BCA, menerima uang (
disortir, dihitung ) tidak lupa untuk di sinar, dan mulailah transaksi yang
nasabah inginkan penulis
posting, dengan perlahan dan
hati-hati, Penulis sangat
berterima kasih sekali karena di penulis bantu oleh Head Teller dan
Teller senior yang dengan sangat sabar membimbing penulis
walaupun pada saat itu pekerjaan yang penulis lakukan masih lambat dan belum sempurna. Tapi, secara
perlahan penulis pun dapat
menikmati pekerjaan dengan perasaan senang. Pekerjaan menjadi seorang Teller
memang diperlukan kecepatan, ketelitian dan ketepatan sehingga tidak terjadi
kesalahan dalam transaksi.Dalam bekerja penulis selalu memberikan yang maksimal pada diri sendiri, karena penulis tidak mau memberikan nilai buruk
terhadap lingkungan, baik dari lingkungan internal maupun eksternal. Karena
dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan sekitar, maka akan menentukan
baik-buruknya citra bank itu dimata masyarakat. Namun penulis juga menyadari banyak sekali
kekurangan dan terjadi kesalahan selama bekerja, untuk itu penulis mohon maaf yang sebesarnya kepada
semua.
·
Selisih Uang
Selisih merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan baik itu
selisih kurang ataupun lebih. Para Teller termasuk penulis ingin selamat dalam bekerja tidah
selisih lebih atau kurang. Untuk itu, penulis senantiasa berdoa untuk diri sendiri dan juga teman-teman penulis sebelum bekerja agar Tuhan YME senantiasa melindungi dan
membimbing kita selama bekerja… Amin.
Beberapa bulan pertama setelah penulis dilepas menjadi seorang teller.
Pengalaman selisih pun pernah penulis
alami. Penulis mengalami
selisih lebih pada kas , perasaan waktu itu begitu sangat aneh, penulis
mencoba mencari kesalahan pada semua transaksi yang dijalani hari itu. Ternyata tidak ketahuan
juga, akhirnya penulis harus
membuat berita acara utuk dilaporkan ke pusat. Sebaliknya penulis juga pernah selisih kurang kas, perasaan penulis sangat sedih dan kecewa. Penulis berusaha mencari kesalahan
pada semua transaksi tapi tidak ketemu juga, terpaksa penulis harus mengganti uang yang kurang
tersebut. Mungkin pada saat bekerja, penulis kurang fokus dan konsentrasi berkurang.
Hal selisih itulah yang selalu di takutkan para Teller, tapi
dengan kejadian seperti itu kita dapat mengambil hikmahnya bahwa kita dituntut
selalu teliti dan konsentrasi pada pekerjaan. Selain itu, kita juga tidak boleh
terlalu percaya pada orang lain sekalipun dengan teman Teller sendiri. Karena
pekerjaan yang kita hadapi berkaitan dengan uang. Uang itu merupakan uang
nasabah yang telah mempercayakan kepada kita. Maka, tanamkanlah sikap jujur
serta selalu menunjukan sikap yang hangat kepada nasabah sebagai modal utama
dalam bekerja. Dengan semua kejadian itu, penulis menjadi lebih hati-hati dalam bekerja. Semoga kejadian itu
tidak terulang kembali dan menjadikan kita semakin teliti, semangat dan
antusias dalam bekerja.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan yang telah dipaparkan diatas, maka penulis memperoleh kesimpulan
bahwa Program peduli yang telah diadakan oleh BCA yaitu “ Program Permagangan
Bakti BCA”. Telah ikut berpartisipasi menyiapkan lulusan SMA/Sederajat, Diploma dan
S1 untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di bidang perbankan.
Program magang “ BAKTI BCA “ diharapkan dapat melahirkan
Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas. Semoga program ini dapat membantu
para pelajar khususnya.
Program magang “ Teller Bakti Lanjutan Tahap II “di harapkan
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman di perbankan atau pengalaman dalam
penanganan Nasabah dengan berbagai karakternya. Selain itu, semoga program
tersebut dapat melahirkan Teller Bakti yang berkualitas dan professional.
Berbagai pengalaman telah penulis
dapatkan, semoga pengalaman ini dapat menjadi sebuah pelajaran bagi pembaca.
Segala kebaikan datangnya dari Allah SWT, sedangkan kekurangan datangnya dari
penulis
4.2 Saran
Adapun saran
yang penulis ingin sampaikan sehubungan dengan pengalaman selama mengikuti
program permagangan di BCA adalah:
a.
Mengingat besarnya
manfaat dari Program Permagangan Bakti BCA ini, maka diharapkan program ini
dapat terus diadakan dan berkelanjutan.
b.
Program Permagangan
Bakti BCA dapat terus bisa di tumbuh kembangkan dan menjadi contoh bagi
perusahaan lain, baik yang sejenis maupun disektor yang lain.
Besar harapan
saya agar peserta Program Permagangan Bakti BCA dengan prestasi baik, tidak
hanya mendapatkan tawaran melanjutkan kontrak, tetapi alangkah baiknya menjadi
karyawan tetap pada PT. Bank Central Asia, Tbk. Karena ini akan lebih
menjadikan motivasi dan kompetisi untuk para peserta agar lebih berprestasi.
Belum ada tanggapan untuk " Contoh Karya Tulis - Bank BCA "
Post a Comment