Monday 21 March 2016

Contoh Karya Tulis - Bank BCA


KARYA TULIS PEMAGANGAN TELLER
BAKTI BCA TAHAP I
ANGKATAN 334









DISUSUN OLEH :

NAMA  :  NAFIS A TOHA
 NIP        :  80628545472712
                                                                       


                                                                                   
                             
                      
PT. BANK CENTRAL ASIA ( BCA ), Tbk
KCP RAWASARI
JAKARTA
 2016

LEMBAR PENGESAHAN 


NAMA  :  NAFIS A TOHA
NIP        :  80628545472712
Angkatan  : Teller Bakti Angkatan 334
Cabang     : KCP Rawasari
Jakarta, 27 Januari 2016
Penulis,



(Mochamad Yan Rashidi )


                     Mengetahui,                                                              Mengetahui,



                 (  Hesty Mandayati  )                                                   (  Andriani  )
                           Kabag Layanan Operasional                                  Kabag Layanan Operasional                     
                       
Mengetahui,



( Rendra Pelita Putra )
Kepala Cabang KCP RAWASARI



DAFTAR ISI

                                                                                                                       HALAMAN
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................................ 2
KATA PENGANTAR........................................................................................................ 3
DAFTAR ISI.......................................................................................................................4

BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................  5
            1.1  Latar Belakang................................................................................................ 5
            1.2  Tujuan Permagangan Bakti BCA ................................................................... 5
            1.3  Manfaat Permagangan Bakti BCA ................................................................. 5
            1.4  Maksud dan Tujuan Karya Tulis................................................................. 6

BAB II  LANDASAN TEORI.........................................................................................  7
            2.1 Sejarah dan Perkembangan BCA.................................................................... 7
            2.2 Manajemen ..................................................................................................... 8
            2.3 Visi dan Misi BCA.......................................................................................... 9
            2.4 Keunggulan BCA  .......................................................................................... 9

BAB III  PEMBAHASAN............................................................................................... 11
            3.1  PRODUK SIMPANAN BCA....................................................................... 11
            3.2  TELLER........................................................................................................ 18
            3.3  SMART......................................................................................................... 19
            3.4  Pengalaman Selama Proses Pemagangan Tahap  I.............................................24

BAB IV  PENUTUP .......................................................................................................  27
            4.1  Kesimpulan...................................................................................................   27
            4.2  Saran.............................................................................................................  27






BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan ekonomi global membawa perubahan besar dalam dunia usaha. semakin banyak perusahaan yang menginginkan tenaga kerja yang siap pakai dan potensial serta berpengalaman dalam dunia kerja sehingga mereka dapat diandalkan.
Sehubungan dengan itu PT. Bank Central Asia, Tbk memberikan kesempatan kepada lulusan SMA dan Perguruan Tinggi agar dapat memperoleh kesempatan mendapatkan pengalaman bekerja melalui permagangan di kantor cabang BCA sebagai Teller dan Customer Service.
Melalui permagangan ini diharapkan dapat menjadi modal dasar untuk mendapatkan pengalaman bekerja di dunia perbankan.
1.2 Tujuan Permagangan Bakti BCA
  1. Memberikan pengetahuan,ketrampilan serta pengalaman melalui On The Job Training selama 3 tahun berupa Praktek Kerja Lapangan sebagai Teller atau Customer Service.
  2. Membantu pemerintah meningkatkan kualitas SDM melalui permagangan yaitu menjembatani kesenjangan antara lulusan pendidikan dan dunia kerja, sehingga para peserta berpeluang menciptakan kesempatan bekerja.
  3. Membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pengalaman kerja, agar menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Dengan demikian, tenaga kerja ini diharapkan dapat menjadi tenaga yang berkualitas

1.3 Manfaat Permagangan Bakti BCA
  1. Memberikan kesempatan kepada lulusan SMA dan Perguruan Tinggi untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman bekerja di dunia Perbankan.
  2. Membantu mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja yang siap pakai di dunia perbankan.
3.      Meningkatkan pengetahuan peserta dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam operasional bank khususnya yang berhubungan langsung dengan nasabah



1.4  Maksud dan Tujuan Karya Tulis
Maksud dan tujuan karya tulis ini adalah sebagai berikut :
1.    Sebagai persyaratan menyelesaikan kontrak kerja satu tahun sebagai Teller Bakti BCA
2.    Sebagai tugas dan kewajiban berupa laporan hasil kerja atau pengalaman sebagai Teller Bakti BCA selama satu periode bertugas.
3.    Sebagai sarana Teller Bakti untuk memberikan pesan dan kesannya serta memunculkan ide-ide dalam bentuk laporan karya tulis.
4.    Menambah keterampilan dalam memasuki dunia kerja
5.    Memperluas wawasan tentang program pemagangan

























BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Sejarah dan Perkembangan BCA
BCA berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 di pusat perniagaan kota Jakarta dengan nama Bank Central Asia, N.V. Setelah go public pada tahun 2002, BCA kini bernama PT.Bank Central Asia, Tbk yang berkantor pusat di Jl. Jenderal Sudirman kav 22-23 Jakarta Selatan.
Pada perkembangannya BCA melakukan merger dengan Bank Sarana Indonesia (31 Januari 1973), Bank Gemari (30 Juni 1976) dan Bank Commercial (30 Maret 1979). Sejarah perkembangan BCA selanjutnya, antara lain:

1)      Perkembangan BCA
a)          1977 : BCA menjadi bank devisa ( bank yang dapat melayani transaksi dalam valuta asing ).
b)          1980 : BCA memiliki kantor pusat, 7 Kantor Cabang Utama ( KCU ) dan 144 Kantor Cabang Pembantu ( KCP ).
c)          1984 : BCA memiliki 2 kantor perwakilan di Hongkong dan New York ( AS )
d)         1987 : Peluncuran BCA Card ( Kartu ATM BCA ) yang merupakan awal jadi kartu paspor BCA.
e)          1989 : Peluncuran Tahapan BCA
f)           1991 : Penerapan system on – line dengan VSAT
g)          1992 : BCA menjadi anggota  SWIFT ( Society for Worldwide INterbank Financial Telecommunication )
h)          1994 : Implementasi IBS ( Integrated Banking Sistem ) di seluruh cabang BCA
i)            1997 : Bca memiliki 88 KCU, ratusan KCP dan ATM plus, serta total aset berjumlah Rp.52,915 Triliun. BCA meluncurkan Gebyar BCA di televise swasta.
j)            1998 : Krisis moneter, BCA mengalami rush berkepanjangan dan diambil alih oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional ( BPPN ) menjadi Bank Take Over ( BTO ), dimana pemerintah ( yang diwakili BPPN ) menjadi pemegang saham mayoritas.
k)          2000 : Tanggal 25 April 2000, BPPN menyerahkan BCA kepada Bank Indonesia, yang berarti BCA telah “sehat” kembali. Pada tahun itu BCA memiliki aset Rp.96,188 Triliun melakukan penawaran umum 22,5% saham kepada masyarakat ( go Public ).
l)            2001 : BPPN mendivestasikan 10% dari seluruh saham BCA sehingga kepemilikan BPPN atas BCA turun menjadi 60,3%. Aset bca meningkat menjadi Rp.103,206 Triliun. BCA meluncurkan internet banking WWW.KILIKBCA.COM.
m)        2002 : Pemerintah melakukan divestasi ( pelepasan ) saham 51% yang dimenangkan oleh Farindo Investment ( Mauritius ) Limited. Aset BCA mencapai Rp.117,304 Triliun.
n)          2003 : Memiliki total aset Rp.133,60 Triliun ( 31 Desember 2003 )sebagai bank peringkat tiga terbesar dibawah Bank Mandiri ( sekitar 250 Triliun ) dan Bank BNI.
o)          2004 : BPPN melakukan divestasi atas saham BCA sebesar 1,4% kepada public melalui penawaran terbatas, aset BCA berjumlah Rp.149.169 Triliun.
p)          2005 : Pada tanggal 21 September 2005 PPA ( Perusahaan Pengelola Aset – Pengganti BPPN ) menjual sisa 5,02% saham yang dimilikinya. Aset BCA berjumlah Rp.148,73 Triliun.

2.2 Manajemen BCA
Pada 26 Mei 2005, BCA mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Per tanggal 30 September 2005 komposisi kepemilikan saham BCA dipegang oleh Farindo Investment (Mauritius) Ltd qualitate qua (qq) Farallon Capital Management LLC, Sdr Bambang Hartono dan Sdr Robert Budi Hartono (Ultimate Share Holders) sebesar 51,19 %, Anthony Salim sebesar 1,77 % dan masyarakat sebesar 47,04 %.









2.3 Visi dan Misi BCA
2.3.1 Visi BCA
Visi dari BCA adalah menjadikan BCA sebagai bank pilihan untuk transaksi perbankan bagi masyarakat.

2.3.2 Misi BCA
Misi BCA, antara lain :
1.    Memperkokoh posisi sebagai bank transaksi yang menjadi pilihan nasabah.
2.    Meningkatkan peran intermediasi keuangan.
3.    Mengembangkan BCA sebagai lembaga keuangan terkemuka.
4.    Meningkatkan nilai franchise dan stakeholders.
5.    Memahami kebutuhan nasabah.
Berpedoman pada misi dam visi yang telah di canangkan, BCA memiliki strategi bisnis sebagai berikut :
1.                  Memperkuat strategi positioning sebagai transaction banking.
2.                  Meningkatkan fungsi intermeditasi.
3.                  Mengembangkan relationship banking.

2.4  Keunggulan BCA
-       Merupakan bank swasta nasional terbesar saat ini di Indonesia dan menjadi salah satu asset nasional yang penting didalam menunjang perekonomian.
-       Memiliki produk yang inovatif dan kompetitif, yaitu hampir menyediakan semua jenis produk dan fasilitas perbankan yang dibutuhkan masyarakat, antara lain :
1.      Berbagai Jenis ATM.
-          ATM Multi Fungsi. jenis ATM ini merupakan jenis ATM yang sudah umum digunakan sehari – hari untuk berbagai transaksi perbankan baik tunai maupun non tunai.
-          ATM Non Tunai. Merupakan ATM yang khusus melayani transaksi perbankan non tunai. ATM ini memakai layar sentuh dan bisa transfer dana dengan berita, sehingga penerima dana bisa mengetahui siapa dan apa tujuan pengiriman dana tersebut.
-          ATM Setoran Tunai. Lewat ATM ini kita bisa setor dana tunai baik ke rekening sendiri ataupun ke rekening BCA lain secara Online 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Sehingga setoran tunai sekarang tidak lagi bergantung pada operasional bank.
2.      Debit BCA / Kartu Kredit BCA dan Tunai BCA.
BCA bekerjasama dengan ribuan merchantnya juga menjalani kerjasama untuk kemudahan dan kenyamanan kita membayar belanjaan menggunakan fasilitas debit BCA / Kartu Kredir BCA. Tidak hanya untuk transaksi belanja, merchant – merchant BCA itu juga siap membantu kita yang ingin mengambil uang tunai setelah berbelanja dengan debit BCA. Biasanya merchant yang menyediakan penarikan tunai ini ditandai dengan logo Tunai BCA yang berwarna merah.
3.      Klik BCA.
Layanan perbankan yang menggunakan jaringan internet ( internet banking ) ini, memungkinkan kita melakukan berbagai transaksi financial dan non financial darimana saja selama ada jaringan internet. Untuk mendapatkan layanan ini cukup mudah, terlebih dahulu kita melakukan registrasi di ATM BCA, untuk mendaptkan User-ID dan PIN. Setelah itu login ke www.klikbca.com untuk mengajukan permohonan Key BCA pada menu Administrasi dan Registrasi Key BCA. Key BCA diperlukan, saat kita hendak melakukan transaksi financial,  seperti transfer, bayar tagihan dan lain – lain.
4.      m – BCA
Layanan ini memungkinkan kita memenuhi berbagai transaksi perbankan, sebagai mobile atau bergerak. Caranya cukup dengan mendaftarkan atau meregistrasikan no ponsel di ATMBCA, setelah itu  melapor ke cabang BCA terdekat untuk membuka jaringan transaksi financial.










BAB III
PEMBAHASAN
3.1    PRODUK SIMPANAN BCA
3.1.a  TAHAPAN
Tabungan Hari Depan atau yang lebih dikenal dengan TAHAPAN BCA adalah salah satu produk perbankan unggulan BCA. Didukung oleh jaringan ATM BCA, kantor cabang, KlikBCA, m-BCA yang terhubung secara real time online, layanan Tahapan BCA menjadi begitu mudah dan menyenangkan karena dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Per Juni 2007, terdapat lebih dari 5.332 ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, akses terhadap layanan ATM BCA menjadi lebih luas lagi lewat jaringan ATM Prima. TAHAPAN adalah rekening tabungan yang menyediakan berbagai macam manfaat yang memudahkan nasabah dalam transaksi perbankan dan juga menyediakan program-program berhadiah yang sangat menarik.
Banyak Hadiahnya:
Sebagai bentuk apresiasi terhadap kepercayaan nasabah kepada BCA, selama bertahun-tahun Tahapan BCA memberikan berbagai macam hadiah menarik kepada para nasabah, melalui program-program Gebyar Hadiah Tahapan. Tahapan BCA merupakan produk tabungan pertama yang memberikan hadiah pada pemilik rekening. Hanya dengan kelipatan saldo rata-rata per bulan Rp 5.000.000 dari Tahapan BCA Anda, Anda akan mendapat kupon undian dan otomatis diikutsertakan dalam program undian Gebyar Hadiah Tahapan BCA.
Banyak Manfaatnya:
I. Pada saat pembukaan rekening Tahapan BCA, Anda akan mendapat kartu Paspor BCA yang digunakan untuk berbagai transaksi sbb:
-          Menarik uang tunai dan melakukan berbagai transaksi perbankan di ATM BCA yg tersebar di seluruh Indonesia
-          Berbelanja di puluhan ribu merchant bertanda Debit BCA di Indonesia
-          Berbelanja sekaligus mengambil uang tunai di merchant-merchant bertanda Tunai BCA
-          Mengambil uang tunai di tempat-tempat bertanda “Cirrus” di seluruh dunia dan berbelanja di tempat-tempat bertanda “Maestro” di seluruh dunia
-          Pembayaran berbagai tagihan seperti kartu kredit, telepon, ponsel, listrik, internet, pendidikan, ticket/voucher, reksadana, mail order BCA, dll.
-          Informasi saldo dan kurs valuta asing
-          Pembelian pulsa isi ulang
-          Transfer antar rekening BCA
-          Mengakses hampir semua fasilitas non-tunai yang ada di ATM BCA melalui fasilitas internet banking KlikBCA dan mobile banking m-BCA
Manfaat lainnya:
II. Mendapat buku Tahapan BCA sebagai bukti tabungan, yang berfungsi sebagai catatan transaksi rekening Anda.
-          Melakukan transaksi penarikan dan penyetoran di setiap kantor cabang BCA di seluruh Indonesia dengan frekuensi tidak terbatas
-          Bunga tabungan yang dihitung berdasarkan saldo rata-rata bulanan
-          Fasilitas rekening gabungan (joint account)
-          Fasilitas auto-debet
-          Fasilitas transfer secara otomatis
-          Dapat dijadikan sebagai jaminan kredit
Persyaratan:
-          Penabung adalah perorangan atau yayasan
-          Pemohon mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA
-          Pemohon membawa dan menyerahkan fotocopy bukti identitas diri yang masih berlaku
-          Setoran awal minimum Rp 500.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp 50.000,-
-          Saldo minimum Rp 10.000,-
-          Tabungan dikenakan biaya administrasi bulanan

Tabungan Hari Depan BCA atau yang lebih dikenal dengan TAHAPAN BCA merupakan salah satu produk perbankan unggulan BCA yang paling diminati nasabah dengan total komunitas sebesar 6 juta orang. Tahapan BCA menjadi sangat penting karena didukung oleh jaringan ATM BCA dan kantor cabang yang terhubung secara online dan tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu melalui layanan BCA ByPhone, Internet Banking KlikBCA, dan Mobile Banking m-BCA menjadikan Tahapan BCA bisa diakses kapan saja dan dimana saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.



 3.1.b  TAHAPAN GOLD
Tahapan BCA dengan segala kemudahannya menjadikannya banyak digunakan oleh pebisnis dalam membantu kelancaran usaha mereka. Tanggap akan kebutuhan pebisnis dan untuk memberikan yang terbaik, BCA kini menghadirkan Tahapan Gold yang disediakan khusus bagi nasabah bisnis dalam membantu kelancaran usahanya.
Selain berbagai keunggulan Tahapan Gold di atas, nasabah masih tetap dapat menikmati berbagai manfaat lain sama seperti fasilitas Tahapan BCA.

Keunggulan Tahapan Gold:
-          Ukuran buku tabungan yang lebih Kecil
-          Dengan ukuran yang lebih kecil seukuran saku, buku tabungan Tahapan Gold menjadi lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.
-          Informasi mutasi rekening lebih lengkap
-          Pada buku Tahapan Gold selain berisi nominal transaksi dan saldo, juga memuat detail setiap transaksi seperti nama penerima/pengirim, informasi pembayaran dan berita.
-          Layanan Autoprint
Nasabah dapat mencetak sendiri buku Tahapan Gold melalui mesin Self Service Passbook Printer (SSPP)
-          Layanan info via SMS / e-mail
Nasabah dapat mengetahui informasi aktual tentang transaksi bisnis melalui SMS atau e-Mail. Informasi yang dapat diperoleh nasabah melalui layanan ini adalah:
Informasi Saldo, yang bisa dikirim setiap hari / setiap hari tertentu / setiap tanggal tertentu sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Transaksi atas rekening Tahapan Gold-nya, di mana nasabah dapat menentukan jenis transaksi dan nominal transaksi.
-          Layanan Appointee
Nasabah dapat menunjuk 2 orang yang dipercaya untuk melakukan transaksi perbankan. Dengan membawa bukti kepemilikan rekening dan kartu identitas diri (milik nasabah dan wakil yang akan ditunjuk) datanglah ke cabang asal tempat membuka rekening untuk mengisi formulir permohonan Layanan Appointee dan menandatangani Kartu Spesimen (milik nasabah dan wakil yang akan ditunjuk).


-          Automatic Transfer System (ATS) online
Tahapan Gold dilengkapi dengan Automatic Transfer System online, fasilitas transfer otomatis dari rekening Tahapan Gold ke rekening giro sehingga kekurangan dana pada rekening giro bisa langsung tertutupi dari dana yang tersedia pada rekening Tahapan Gold. Dengan demikian nasabah tidak perlu khawatir cek yang dikeluarkan ditolak karena kekurangan dana dan kredibilitas nasabah Tahapan Gold pun terjamin.
Selain berbagai keunggulan Tahapan Gold di atas, nasabah masih tetap dapat menikmati berbagai manfaat lain sama seperti fasilitas Tahapan BCA.

Cara Memperoleh Tahapan Gold :
Nasabah yang ingin mengganti Tahapan BCA-nya dengan Tahapan Gold dapat datang ke cabang tempat membuka rekening dengan membawa buku Tahapan dan kartu identitas. Dan untuk mendapatkan layanan Info via SMS / Email, layanan Appointee dan Automatic Transfer System Online, nasabah perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di cabang tempat membuka rekening.
Biaya
Mengenai biaya, nasabah tidak perlu khawatir, karena untuk Tahapan Gold tidak dikenakan biaya tambahan, sama dengan biaya Tahapan BCA.

3.1.c TAPRES
Dengan suku bunga tabungan yang kompetitif, TAPRES memberikan Anda banyak keuntungan!
Praktis dan Menguntungkan!
-          Dapatkan Kartu TAPRES yang berfungsi sebagai kartu identitas, kartu ATM BCA Gold yang dan sekaligus juga berfungsi sebagai kartu Debit BCA dan Tunai BCA.
-          Nikmati berbagai kemudahan layanan yang ditawarkan oleh jaringan ATM BCA dan kantor cabang yang terhubung secara online di seluruh Indonesia, mulai dari penarikan tunai, transfer sampai pembelian pulsa isi ulang dari sejumlah operator telepon seluler.
-          Gunakan Kartu Tapres untuk berbelanja di ribuan outlet toko yang memasang logo Debit BCA, dan pengambilan uang tunai di merchant/toko Tunai BCA.
-          Kemudahan mengecek posisi terakhir saldo tabungan melalui layanan BCA by Phone
-          Anda dapat memilih pengiriman laporan rekening bulanan dikirim melalui surat, atau diambil sendiri di kantor cabang BCA yang Anda inginkan.
Suku Bunga Menarik!
Semakin tinggi saldo rata-rata tabungan Anda, maka semakin tinggi pula tingkat suku bunga yang akan Anda dapatkan.
Persyaratan:
-          Berlaku bagi nasabah perorangan yang telah berusia 17 tahun atau lebih.
-          Mengisi dan menandatangani formulir permohonan di atas materai.
-          Membawa dan menyerahkan fotokopi kartu identitas diri.
-          Setoran awal minimum Rp 5.000.000,- dan setoran selanjutnya minimum Rp 50.000,-
-          Untuk saldo rata-rata per bulan < Rp 5.000.000,- akan dikenakan denda/penalti bulanan.
-          Dikenakan biaya cetak kartu dan biaya administrasi bulanan.

3.1.e  GIRO
Layanan perbankan BCA siap membantu kelancaran usaha Anda. Bisnis Anda pun akan berkembang dengan Giro BCA yang multi guna dan ekstra manfaat

Mudah dan Leluasa
Didukung oleh jaringan kantor cabang BCA yang terhubung secara online, Anda dengan mudah dapat melakukan transaksi keuangan dengan berbagai keleluasaan, antara lain:
-          Tersedia 8 pilihan mata uang (IDR, USD, JPY, AUD, GBP, SGD, HKD dan EUR).
-          Tersedia fasilitas rekening gabungan (joint account)
-          Dapat melakukan transaksi penarikan atau penyetoran antar cabang.
-          Fasilitas debit otomatis untuk pembayaran rekening listrik dan telepon.
-          Fasilitas auto-transfer (khusus untuk rekening giro IDR)
-          Nikmati juga fasilitas KlikBCA dan m-BCA
Letter of Authorization
-          Anda dapat melakukan penarikan rekening setiap saat dengan menggunakan sarana Letter of Authorisation (LA).
-          Karena LA tidak dapat dipindahtangankan, Anda tidak perlu merasa kuatir apabila LA tersebut hilang dan ditemukan oleh orang lain.
-          LA tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran/ dipindahtangankan (not negotiable instrument) seperti layaknya cek atau bilyet giro.
-          LA tidak dapat dikliringkan, diinkasokan, maupun diuangkan antar cabang.

a.    Fasilitas ATM BCA
Dengan memiliki rekening Giro BCA, Anda dapat mengajukan fasilitas ATM BCA yang sekaligus berfungsi sebagai kartu Debit BCA dan Tunai BCA

b.   Laporan Rekening Bulanan
Setiap bulan, Anda akan menerima rekening koran yang dapat diambil di kantor cabang BCA atau dikirim ke alamat sesuai permintaan Anda

c.    Fasilitas BCA by Phone
Untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan rekening Giro Anda seperti informasi saldo, kiriman uang, inkaso dan transaksi lainnya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas BCA by Phone.

Persyaratan:
-          Pemohon berusia 21 tahun keatas atau telah menikah.
-          Tidak termasuk dalam daftar hitam BI.
-          Mengisi dan menandatangani formulir permohonan.
-          Menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/PASSPORT untuk warga negara Indonesia dan Passport dan KIMS untuk WNA)
-          NPWP dan Surat Referensi.
      -     Setoran awal :
- Giro Rupiah Rp 1.000.000,-
- Giro Valas USD 1.000 atau ekuivalen
        Dikenakan biaya administrasi bulanan.

3.1.f    DEPOSITO BERJANGKA
Deposito BCA adalah cara terbaik untuk berinvestasi dengan nilai tinggi. Deposito BCA memberikan keuntungan dan memiliki keleluasaan tinggi.
a.     Pilihan Jangka Waktu
Anda dapat memilih sendiri jangka waktu deposito sesuai dengan keinginan Anda, mulai:
1 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
3 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
6 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
12 bulan dengan bunga 5,25% per tahun
b.    Anda Bebas Menentukan Pilihan Pengelolaan Dana
-          Ada 8 pilihan mata uang: Rupiah, USD, SGD, HKD, AUD, JPY, GBP, dan EUR.
-          Anda bisa mentransfer bunga deposito Anda secara otomatis ke rekening Giro/Tapres/Tahapan BCA/BCA Dollar atau rekening di bank lain.
-          ARO (Automatic Roll Over): Perpanjangan nominal deposito secara otomatis.
-          ARO+: Perpanjangan nominal deposito plus bunga secara otomatis pada saat jatuh tempo dengan jangka waktu yang sama.
-          Non ARO: Bila tidak ada permintaan dari deposan, maka deposito yang sudah jatuh tempo tidak akan diperpanjang secara otomatis.
-          Suku bunga yang kompetitif.
-          Bisa digunakan sebagai jaminan kredit.

Persyaratan
-          Melengkapi dan menandatangani formulir permohonan.
-          Membawa dan menyerahkan kopi identitas diri yang masih berlaku, KTP/SIM/Passport untuk warga negara Indonesia dan KIM dan Passport untuk WNA
-          Setoran awal minimum untuk Deposito Berjangka Rupiah adalah Rp 8.000.000,- dan ekuivalen USD 1.000 untuk Deposito Berjangka Valas.
-           
3.2     TELLER
Tugas Dan Tanggung Jawab Teller Bakti
Setiap peserta magang bakti mempunyai kewajiban, antara lain :
1.      Kehadiran pada jam kerja dikantor cabang ( pkl. 08.00 – 17.00 WIB ).
2.      Mentaati peraturan dan jangka waktu program pemagangan.
3.      Menjaga kerahasiaan perusahaan dan nasabah.
4.      Berkelakuan sopan dan berpenampilan baik serta rapi demi menjaga citra perusaahaan baik selama pelatihan maupun selama magang.

Sebagai salah satu mata rantai terdepan dalam pelayanan bank, Teller merupakan salah satu titik persepsi kritik bagi Nasabah. Dengan demikian, Teller ikut menentukan citra bank dimata Nasabahnya.
Tugas dan tanggung jawab Teller Bakti dalam Program Magang Bakti BCA antara lain sebagai berikut:
1.      Berhubungan langsung dengan Nasabah bank untuk melayani berbagai jenis trasaksi perbankan.
2.      Melayani dan memenuhi harapan Nasabah sehingga Nasabah bisa menjadi loyal terhadap bank.
3.      Melakukan pekerjaan administrasi.
4.      Menguasai sistem dan prosedur bagiannya.
5.      Melakukan tugas rutin dengan baik.
6.      Menguasai produk-produk bank, terutama Bank BCA.
7.      Mampu berinteraksi ( Human Relationship ) dengan baik.
Peran Teller dalam hal ini menjadi salah satu penghubung antara bank dengan Nasabah sebagai salah satu penentu citra bank dan sebagai ujung tombak.

3.3      SMART                                                                     

           
SMART merupakan standar layanan BCA yang diharapkan memenuhi kebutuhan Nasabah, menjadi konsistensi dan keseragaman pelayanan di BCA.
SMART menjadi Moto Layanan BCA. SMART terdiri dari :

·         SIGAP
o    Siap membantu,  menunjukan sikap dan keinginan untuk membantu Nasabah dalam keadaan apapun.
o    Cekatan, yaitu melayani Nasabah dengan cepat dan tepat
o    Antisipatif, yaitu dapat mengantisipasi, tanggap dan responsive terhadap kebutuhan Nasabah.
o    Dapat diandalkan, yaitu dapat melaksanakan kepercayaan yang di berikan Nasabah kepada Kita, misalnya menyelesaikan pekerjaan dengan benar, tepat waktu sehingga Nasabah merasa puas.
o    Disiplin, yaitu tidak menunda pekerjaan, menghargai waktu Nasabah dan konsisten dalam melaksanakan tugas.




·         MENARIK
o    Penampilan Fisik, yaitu Mampu menampilkan diri dengan rapih dan bersih, serasi, bahasa tubuh yang baik dan perilaku yang sopan.
o    Penampilan Non Fisik, yaitu menunjukan rasa percaya diri dalam menghadapi Nasabah dengan bekal pengetahuan produk yang baik dan memahami peraturan.
o    Mampu berinteraksi dengan baik
o    Kredibilitas atau Reputasi yaitu tampil meyakinkan di depan Nasabah sehingga Nasabah percaya untuk melakukan hubungan dengan kita.

·         ANTUSIAS
o    Semangat, yaitu mengarahkan seluruh tenaga dan pikiran dengan mencerminkan ekspresi wajah yang penuh gairah dan suasana hati yang gembira.
o    Pandangan Positif, yaitu mempunyai pandangan bahwa Nasabah datang untuk dilayani yang terbaik.
o    Proaktif, yaitu mempunyai inisiatif untuk melayani, tanpa menunggu.
·         RAMAH
o    Senyum, yaitu berikan senyum dengan tulus, walau bagaimanapun perasaan hati kita, tapi kita dituntut untuk mengarahkan seluruh tenaga dan pikiran dengan mencerminkan ekspresi wajah yang penuh semangat dan suasana hati yang gembira.
o    Nada Suara, yaitu mempunyai pandangan bahwa Nasabah datang untuk dilayani dengan sebaik mungkin dan menggunakan nada suara yang “enak” didengar Nasabah.
o    Sopan, yaitu berperilaku yang santun sesuai dengan budaya setempat.
·         TELITI
o    Memperhatikan dan melakukan pekerjaan secara akurat, tepat dan seksama.
Selain seorang Teller harus menjalankan SMART, pada saat di counter Teller pun harus menunjukan sikap yang baik pada saat melayani Nasabah. Adapun perincian 7 Kunci Sikap Teller, yaitu :


o         Kunci 1…….SENYUM
§   Berdiri saat menyambut Nasabah
Pastikan penampilan rapih dan bersih (Name tag terbaca Nasabah) dan tempat kerja sudah rapih (Meja counter bersih, rapih dan tidak berdebu).
§   Tatap mata Nasabah / ada kontak mata
Pastikan kita tersenyum saat kontak mata dengan Nasabah.
§   Beri senyum dengan tulus
Condongkan badan kita kedepan dan menganggukan kepala agar senyum kita mendapat perhatian / terlihat Nasabah.

o         Kunci 2……. SALAM

§   Gerakan tangan kita dengan tangan terbuka sambil mengatakan “Antrian selanjutnya silakan……..”
§   Ucapkan salam dengan nada suara ramah dan sopan
§   Menyapa dengan sebutan Bapak / Ibu :
“Selamat…………Pak / Bu”
§   08.00 – 11.00 Selamat Pagi
§   11.01 – 15.00 Selamat Siang
§   15.01 - 17.00 Selamat Sore
§   Untuk Nasabah yang kita sudah kenal, sapalah dengan sebutan Pak / Bu, di ikuti dengan nama Nasabah dan tawarkan bantuan.
 “ Selamat Siang Pak Anwar. Ada yang bisa saya bantu Pak ?? “
§   Untuk Nasabah yang belum kita kenal, maka perkenalkan terlebih dahulu nama kita, kemudian tanyakan nama Nasabah dan tawarkan bantuan.
Teller : “ Silakan, Selamat Pagi/Siang. Saya Lia..  dengan Bapak / Ibu ?? “
Nasabah : “ Nama saya Bapak Anwar, Mba ”
Teller : “ Pak Anwar, Ada yang bisa saya bantu ?? “

o         Kunci 3……. SIAP MEMBANTU
§   Segera melayani keperluan Nasabah dengan antusias, cekatan dan ramah.
§   Tersenyum dalam melayani Nasabah.
§   Segera minta izin kepada Nasabah untuk diterima slip transaksi, dokumen transaksi, uang dll. “Boleh saya terima slip dan uangnya Pak / Bu …..??”
§   Menanggapi permintaan uang receh, usahakan untuk menukarkan dengan Teller lain / khasanah bila tidak memiliki.
§   Tidak bekerja sambil berbicara dengan rekan kerja lain (fokus pada transaksi Nasabah yang sedang dilayani).
§   Minta izin saat kita melakukan interupsi Nasabah, seperti : Fotocopy KTP, Minta Super / berbicara dengan Kabag Teller, dll.
§   Jangan lupa ucapkan terima kasih, setelah selesai melakukan interupsi. “Terima Kasih Pak / Bu, atas kesabaran Bapak /Ibu …. Menunggu “
§   Jika sedang dalam kondisi tidak normal (Misal komputer off line), menawarkan bantuan / memberikan informasi dan alternatif solusi.
§   Berdiri pada saat melayani, tidak boleh sambil bersandar dengan meja Teller (berdiri tegap).

o         Kunci 4……. PROSES TRANSAKSI DENGAN TELITI

§    Periksa kebenaran pengisian data / slip / warkat dan identitas Nasabah seperti : Jumlah dana yang di setor, tanggal pada slip, nominal huruf.
§    Cara menghitung uang, manual di depan Nasabah dan dengan mesin hitung dan meminta Nasabah untuk melihat ke mesin hitung dengan ucapan dan gerakan tangan.
§    Proses transaksi dengan teliti :
Pengisian slip transaksi / document transaksi, jumlah uang tunai yang diterima / diserahkan, validasi dan persetujuan pejabat yang terkait. Izin Nasabah saat melakukan Interupsi, seperti : tukar uang ke Teller lain, minta super, konfirmasi transaksi, dll. Ucapkan terima kasih setelah melakukan Interupsi Nasabah,
“ Terima kasih atas kesabaran Ibu/Bapak ……… menunggu “

o         Kunci 5…….KONFIRMASI

§    Izin kepada Nasabah untuk menghitung uang,
“ Saya hitung uangnya ya Pak/Bu ……, silahkan dilihat “
§    Ketika Teller menerima / menyerahkan uang, dalam transaksi setoran, tarikan tunai, transfer dan penukaran uang tunai.
Jangan lupa Teller mengkonfirmasikan jumlah uangnya,
Contoh :
“ setoranya Rp. 10.000.000; ya Pak Anwar “. Tidak disarankan menggunakan kata-kata “ Uangnya pas ya Pak/Ibu …….. “
Konfirmasi ke Nasabah kebenaran pengisian slip transaksi ( Jumlah transaksi, penerima setoran transaksi )

o         Kunci 6…….SEBUT NAMA
§    Sebut nama Nasabah 3 kali selama melayani
§    Saat mengawali pelayanan,
“ Nama saya ……… , dengan Bapak/Ibu “
“ Pak/Bu ………. Ada yang bisa saya bantu ? “
§    Selama pelayanan, misal : Saat Teller melakukan konfirmasi penerimaan dan penyerahan uang dll, wajib dilakukan minimal 1 kali saat setoran awal, debit rekening tunai / transfer.
§    Mengakhiri pelayanan,
“ Selamat …… Pak/Bu …… “

o         Kunci 7……. TERIMA KASIH
§    Pada akhir layanan atau transaksi :
§    Berdiri
§    Menanyakan lagi ada yang bisa di bantu ( Tidak, berikan dokumen Nasabah dan di teruskan ……. )
§    Kontak mata ( Pastikan terjadi kontak mata )
§    Tersenyum tulus
§    Ucapkan terima kasih
§    Salam : “Selamat pagi/siang/sore Pa/Bu….”

   Dan seiring berjalannya waktu PT  Bank Central Asia mempunyai slogan tambahan yaitu SOLUTION yang dapat diartikan sebagai berikut:
  Simak – Mengajukan pertanyaan yang tepat dan menyimak dengan sungguh-sungguh untuk memahami kebutuhan Nasabah.
 Open-mind  – Memperluas wawasan dan knowledge tentang produk dan layanan BCA untuk dapat memberikan solusi sesuai kebutuhan Nasabah. 
 Lengkap  – Memberikan value dalam bentuk solusi yang menjawab seluruh kebutuhan Nasabah. 
 Utamakan kebutuhan Nasabah – Mengutamakan kebutuhan Nasabah dan bukan sekedar menjual produk.

 Telling Solution – Menceritakan bagaimana solusi yang ditawarkan akan membantu Nasabah.
 Inisiatif – Proaktif membangun dan meningkatkan relasi dengan Nasabah secara    berkesinambungan.
 ON-time follow upMenindaklanjuti dan menyelesaikan kebutuhan Nasabah tepat waktu. 

Dengan menggunakan SMART dalam setiap pelayanan bertransaksi, sangat di rasakan sekali manfaatnya oleh semua pihak. Baik yang ada dilingkungan pada perusahaan maupun Nasabah. Selain itu SMART juga dapat merubah sifat dan karakter seseorang, karena sudah terbiasa menggunakan dilingkungan kerja. Jadi, bisa di terapkan juga dilingkungan sehari-hari.
SMART sangat luas pengertiannya, secara garis besar menyangkut memberikan pelayanan yang terbaik untuk Nasabahnya. Semua hal di perhatikan, dari penampilan luar, kinerja kita pada saat bekerja dan pengetahuan yang kita ketahui terutama mengenai produk-produk BCA.

3.4          Pengalaman Selama Proses Pemagangan Tahap I
Teller merupakan salah satu titik persepsi kritis bagi nasabah dan juga sebagai salah satu mata rantai terdepan dalam pelayanan Bank, dengan demikian Teller ikut menentukan citra Bank dimata nasabahnya. Penulis senang dan bersyukur dapat bekerja sebagai Teller karena selama bekerja penulis dapat selalu senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah sebab tugas Teller selalu berhubungan dengan transaksi perbankan. Sebagai Teller penulis pun bertanggung jawab dalam menjalankan tugas  seperti menguasai system dan prosedur bagiannya, melakukan tugas rutin dengan baik, menguasai pengetahuan mengenai produk-produk bank dan mampu berinteraksi dengan baik dengan nasabah.
Selama penulis menjalankan proses magang menjadi “TELLER BAKTI” selama satu tahun banyak sekali berbagai pengalaman suka maupun duka yang penulis dapat. Berikut ini Pengalaman yang penulis alami ketika penulis menjadi teller semoga dengan pengalaman ini menjadikan Guru yang paling berharga dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang.

·         Masa OJT ( On the Job Training ) Dan Penempatan

Ketika penulis dinyatakan Lulus dalam tes pelatihan selama satu minggu di Training Center. Penulis mendapatkan tugas sebagai “TELLER BAKTI” yang bertugas tetap disalah satu cabang yang telah ditetapkan. Tempat On The Job Training ( OJT ) dan penempatan  penulis sama yaitu pada BCA KCP RAWASARI. Selama tiga hari penulis melakukan observasi kinerja rekan-rekan teller bakti dan karyawan senior. Menginjak hari ke-4, penulis mulai buka counter, tapi sebelumnya penulis masih mendapat arahan dan bimbingan dari Head Teller, Teller senior serta teman – teman Teller Bakti yang lain. Hati penulis sangat berdebar sekali dan masih merasa gugup pada saat menerima nasabah, counter yang penulis jalani yaitu di setoran tunai sampai dengan 10 juta .
Setelah itu penulis menjalani hari – hari dan selalu berhadapan dengan macam – macam transaksi mulai dari menerima nasabah dengan pelayanan standar BCA, menerima uang ( disortir, dihitung ) tidak lupa untuk di sinar, dan mulailah transaksi yang nasabah inginkan penulis posting, dengan perlahan dan hati-hati, Penulis sangat berterima kasih sekali karena  di penulis bantu oleh Head Teller dan Teller senior yang dengan sangat sabar membimbing  penulis walaupun pada saat itu pekerjaan yang penulis lakukan masih lambat dan belum sempurna. Tapi, secara perlahan penulis pun dapat menikmati pekerjaan dengan perasaan senang. Pekerjaan menjadi seorang Teller memang diperlukan kecepatan, ketelitian dan ketepatan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam transaksi.Dalam bekerja penulis selalu memberikan yang maksimal pada diri sendiri, karena penulis tidak mau memberikan nilai buruk terhadap lingkungan, baik dari lingkungan internal maupun eksternal. Karena dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan sekitar, maka akan menentukan baik-buruknya citra bank itu dimata masyarakat. Namun penulis juga menyadari banyak sekali kekurangan dan terjadi kesalahan selama bekerja, untuk itu penulis mohon maaf yang sebesarnya kepada semua.




·         Selisih Uang

Selisih merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan baik itu selisih kurang ataupun lebih. Para Teller termasuk penulis ingin selamat dalam bekerja tidah selisih lebih atau kurang. Untuk itu, penulis senantiasa berdoa untuk diri sendiri dan juga teman-teman penulis sebelum bekerja agar Tuhan YME senantiasa melindungi dan membimbing kita selama bekerja… Amin.
Beberapa bulan pertama setelah penulis dilepas menjadi seorang teller. Pengalaman selisih pun pernah penulis alami. Penulis mengalami selisih lebih pada kas , perasaan waktu itu begitu sangat aneh, penulis mencoba mencari kesalahan pada semua transaksi yang dijalani hari itu. Ternyata tidak ketahuan juga, akhirnya penulis harus membuat berita acara utuk dilaporkan ke pusat. Sebaliknya penulis juga pernah selisih kurang kas, perasaan penulis sangat sedih dan kecewa. Penulis berusaha mencari kesalahan pada semua transaksi tapi tidak ketemu juga, terpaksa penulis harus mengganti uang yang kurang tersebut. Mungkin pada saat bekerja, penulis kurang fokus dan konsentrasi  berkurang.
Hal selisih itulah yang selalu di takutkan para Teller, tapi dengan kejadian seperti itu kita dapat mengambil hikmahnya bahwa kita dituntut selalu teliti dan konsentrasi pada pekerjaan. Selain itu, kita juga tidak boleh terlalu percaya pada orang lain sekalipun dengan teman Teller sendiri. Karena pekerjaan yang kita hadapi berkaitan dengan uang. Uang itu merupakan uang nasabah yang telah mempercayakan kepada kita. Maka, tanamkanlah sikap jujur serta selalu menunjukan sikap yang hangat kepada nasabah sebagai modal utama dalam bekerja. Dengan semua kejadian itu, penulis menjadi lebih hati-hati dalam bekerja. Semoga kejadian itu tidak terulang kembali dan menjadikan kita semakin teliti, semangat dan antusias dalam bekerja.





BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan diatas, maka penulis memperoleh kesimpulan bahwa Program peduli yang telah diadakan oleh BCA yaitu “ Program Permagangan Bakti BCA”. Telah ikut berpartisipasi menyiapkan lulusan SMA/Sederajat, Diploma dan S1 untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di bidang perbankan.
Program magang “ BAKTI BCA “ diharapkan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas. Semoga program ini dapat membantu para pelajar khususnya.
Program magang “ Teller Bakti Lanjutan Tahap II “di harapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman di perbankan atau pengalaman dalam penanganan Nasabah dengan berbagai karakternya. Selain itu, semoga program tersebut dapat melahirkan Teller Bakti yang berkualitas dan professional.
Berbagai pengalaman telah penulis dapatkan, semoga pengalaman ini dapat menjadi sebuah pelajaran bagi pembaca. Segala kebaikan datangnya dari Allah SWT, sedangkan kekurangan datangnya dari penulis

4.2 Saran
Adapun saran yang penulis ingin sampaikan sehubungan dengan pengalaman selama mengikuti program permagangan di BCA adalah:
a.         Mengingat besarnya manfaat dari Program Permagangan Bakti BCA ini, maka diharapkan program ini dapat terus diadakan dan berkelanjutan.
b.         Program Permagangan Bakti BCA dapat terus bisa di tumbuh kembangkan dan menjadi contoh bagi perusahaan lain, baik yang sejenis maupun disektor yang lain.
Besar harapan saya agar peserta Program Permagangan Bakti BCA dengan prestasi baik, tidak hanya mendapatkan tawaran melanjutkan kontrak, tetapi alangkah baiknya menjadi karyawan tetap pada PT. Bank Central Asia, Tbk. Karena ini akan lebih menjadikan motivasi dan kompetisi untuk para peserta agar lebih berprestasi.

No comments:

Post a Comment