Friday 4 September 2015

TUGAS AKHIR BAB II LANDASAN TEORI

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Konsep Dasar Akuntansi
Akuntansi menjadi yang terdepan dan berperan penting dalam menjalankan ekonomi dan sistem sosial kita. Keputusan-keputusan yang diambil oleh individu-individu, pemerintah, badan usaha lain ditentukan dalam penggunanya pada sumber daya yang dimiliki suatu bangsa.Tujuan utama akuntansi adalah untuk mencatat, melaporkan dan menginterpretasikan data-data ekonomi untuk digunakan sebagai pengambil keputusan.
Menurut Sadeli dalam Sambuaga (2013:1698)  menyatakan “akuntansi sering dijuluki sebagai bahasa bisnis (the language of business). Perubahan yang cepat dalam masyarakat telah menyebabkan semakin kompleksnya bahasa tersebut, yang digunakan untuk mencatat, meringkas, melaporkan, menginterpretasi data dasar ekonomi untuk kepentingan perorangan, pengusaha, pemerintah, dan anggota masyarakat lainnya”.

Definisi akuntansi menurut Siegel dan Marconi dalam Ikhsan dan Suprasto (2008:18) mendefinisikan “akuntansi sebagai suatu disiplin jasa yang mampu memberikan informasi yang relevan dan tepat waktu mengenai masalah perusahaan dan untuk membantu pemakai internal dan eksternal dalam proses pengambilan keputusan ekonomi”.

Dari Pengertian diatas, secara sederhana dapat dijelaskan bahwa pengertian akuntansi adalah:
1.        Sebagai pusat kepentingan dari berbagai organisasi akuntansi (Perusahaan Bisnis), informasi akuntansi disini adalah informasi yang berhubungan dengan perusahaan.
2.        Informasi akuntansi adalah hal yang vital dalam kegiatan bisnis perusahaan. Digunakan sebagai pengambilan keputusan dalam organisasi (para manager, orang-orang yang konsen terlibat dalam perusahaan). Disisi lain digunakan sebagai pengambilan keputusan diluar perusahaan (Investor yaitu orang yang menanamkan modalnya pada sebuah perusahaan untuk mengharapkan keuntungan, Kreditor  yaitu orang yang mempunyai hutang (owes) pada sebuah perusahaan, tau pada pihak lain).Pengindentifikasikan yaitu mengindentifikasikan data yang telah dikumpul perusahaan.
Pihak-pihak yang berkepentingan yang disebutkan diatas antara lain pihak internal perusahaan dan pihak eksternal perusahaan. Pihak internal merupakan pihak karyawan dan manajemen perusahaan, yaitu karyawan yang mengelola perusahaan, sedangkan pihak ekstenal yaitu pemasok, penanam modal, kreditur, badan pemerintah, dan calon penanam modal. Masing-masing pihak yang berkepentingan menganalisis dan menginterpretasikan informasi (laporan keuangan) untuk tujuan yang berbeda-beda.
Akuntansi berasal dari kata accounting yang artinya menghitung atau mempertanggung jawabkan. Akuntansi digunakan hampir diseluruh kegiatan bisnis di dunia untuk mengambil keputusan, maka akuntansi bisa dikatakan sebagai bahasa bisnis. Akuntansi memiliki fungsi untuk mengukur, menjabarkan, atau memberikan kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan membuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi dan lembaga pemerintah.

2.1.1. Siklus Akuntansi
              Prosedur pencatatan bertahap mulai dari pencatatan transaksi sampai menjadi laporan keuangan disebut tahap-tahap akuntansi atau suatu proses akuntansi (siklus akuntansi).
Menurut Ony Widilestariningtyas dalam Wicaksono dan Wind (2012:13) “bahwa siklus akuntansi itu merupakan urutan kerja yang harus dibuat oleh seorang akuntan sejak awal hingga menghasilkan laporan keuangan”.
Siklus akuntansi yang terjadi dalam sebuah perusahaan secara umum sama sehingga dalam penyusunan laporan keuangan akan melalui lima tahapan.
1.        Transaksi/Bukti
Transaksi adalah setiap kejadian yang mengubah posisi keuangan (kekayan, hutang, dan modal) dan hasil usaha perusahaan/lembaga. Kejadian yang terjadi dalam perusahaan yang tidak mempengaruhi posisi harta/hutang/modal dan hasil usaha perusahaan bukan merupakan transaksi yang dicatat dalam akuntansi. Kejadian yang dicatat dan dibukukan hanya kejadian yang dapat di kategorikan sebagai transaksi yang mengubah posisi harta, kewajiban modal, pendapatan dan biaya. Setiap transaksi harus mempunyai bukti (evidence).
Sebelum transaksi dicatat harus dibuatkan bukti transaksi baik yang diterima dari pihak luar (kwintansi, nota, faktur) maupun pihak intern (bukti kas masuk atau keluar) harus diteliti lebih dahulu keabsahannya. Setelah bukti transaksi dicatat maka langkah berikutnya dicatat dalam jurnal, secara kronologis atau urutan waktu.


2.    Buku Harian Jurnal
       Dalam sistem pembukuan Belanda, transaksi dicatat secara kronologis dalam buku harian tanpa melakukan klasifikasi atau penjelasan lain terhadap transaksi tersebut. Dalam sistem akuntansi Amerika pencatatan transaksi itu dilakukan ke buku yang disebut jurnal dan buku jurnal ini sekaligus telah di lakukan penggolongan, mana yang dikelompokan sebagai yang mempengaruhi perkiraan debet dan mana yang di perkirakan sebelah kredit, sehingga buku harian dan jurnal di gabungkan dalam satu buku yang disebut jurnal.
       Jurnal khusus berfungsi sebagai jurnal untuk mencacat transaksi – transaksi sejenis yang banyak ditemukan dalam perusahaan. Transaksi sejenis yang mempengaruhi perkiraan yang sama di kelompokan dalam satu jurnal yang disebut jurnal khusus.
3. Buku Besar
Buku besar sering disebut juga perkiraan, akun, item, pos, dan lain – lain. Buku ini adalah merupakan tempat menampung seluruh transaksi yang telah diklasifikasikan melalui jurnal. Jadi seluruh jurnal di masukan ke dalam buku besar dengan cara memindah bukukan jurnal(posting) ke dalam buku besar.
Beberapa klasifikasi perkiraan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Klasifikasi menurut laporan keuangan
1)   Perkiraan aktiva (Asset Account).
2)   Perkiraan hutang/kewajiban (Liabilities Account).
3)   Perkiraan modal (Capital Account).
4)   Perkiraan biaya (expense Account).
5)   Perkiraan penghasilan (Revenue Account).
b.  Klasifikasi menurut perlakuan jurnal
1)   Perkiraan aktiva dan perkiraan biaya
2)   Perkiraan utang,perkiraan modal dan perkiraan penghasilan
c.  Dilihat dari segi pemecahannya perkiraan di bagi dua yaitu:
1)   Perkiraan kontrol (Controlling/General Ledger Account).
2)   Perkiraan pembantu (Subsidiary Account).
d.  Lain – lain
     Sering juga kita mengenal perkiraan netral (Neutral Account). Perkiraan ini merupakan perkiraan yang tidak sampai disajikan laporan keuangan. Hanya dipakai sewaktu proses akuntansi sebagi perkiraan yang dipakai dalam proses dalam penyusunan laporan keuangan.
1)   Nominal Account adalah perkiraan yang terdapat dalam daftar laba rugi seperti perkiraan penjualan, dan biaya kantor.
2)   Real Account adalah perkiraan yang terdapat di Neraca seperti kas, piutang, hutang.
3)   Mixed Account atau perkiraan campuran, yaitu perkiraan yang terdapat dalam laba rugi dan juga terdapat di neraca, misalnya perkiraan persedian.
4.  Neraca Lajur (Worksheet)
     Menyususn laporan keuangan biasanya untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan tadi dipakai neraca lajur. Neraca lajur mempunyai beberapa lajur yang masing-masing dapat dipakai, yaitu ada yang 8 lajur, 10 lajur atau 12 lajur yang masing-masing berisi 2 lajur:
       a.  Neraca percobaan (Trial Balance)
       b.  Neraca saldo.
       c.  Jurnal penyesuaian (Adjustment)
       d.  Lajur laba rugi
       e. Lajur laba ditahan
       f.   Lajur neraca
5.  Laporan Keuangan
       Laporan keuangan sebenarnya banyak, namun laporan keuangan utama ada tiga,yaitu:
       a.  Daftar neraca yang mengambarkan posisi keuangan perusahaan pada satu tanggal tertentu.
       b.  Perhitungan laba rugi yang mengambarkan jumlah hasil, biaya, dan laba/rugi perusahaan pada periode tertentu.
       c.  Laporan arus kas, disini dimuat sumber dan penggunaan kas perusahaan selama satu periode.
     Para ahli menjelaskan bahwa Laporan Neraca adalah Laporan yang mengambarkan keadaan masa kini. Laba Rugi mengambarkan keadaan yang masa lalu dan Laporan Perubahan Dana atau Kas mengambarkan keadaan yang akan datang.
     Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manager, pengambil kebijakan, dan pihak yang berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham. Kreditur, atau pemilik.

2.1.2. Teori Perusahaan
              Definisi perusahaan menurut Herry (2013:1) ”sebuah organisasi yang beroperasi dengan tujuan menghasilkan keuntungan, denga cara menjual produk (barang dan atau jasa) kepada para pelanggannya”. Tujuan operasional dari sebagian besar perusahaan adalah untuk memaksimalisasi profit.
2.1.3. Teori Perusahaan Dagang
              Menurut Herry (2013:2) ”Perusahaan jenis ini menjual produk (barang jadi), akan tetapi perusahaan tidak membuat/menghasilkan sendiri produk yang akan dijualnya melainkan memperoleh dari perusahaan lain”.
2.1.4.  Teori Pembelian
Menurut Soemarso (2008:173) “Dalam sebuah perusahaan dagang kegiatan pembelian meliputi pembelian aktiva produksi, pembelian barang dagang serta pembelian barang dan jasa lain dalam rangka kegiatan usaha. Pembelian  dapat dilakukan secara kredit maupun tunai dan pada umumnya dilakukan kepada beberapa suplier”.

2.1.5.  Teori Penjualan
Menurut Soemarso (2008:174) “Pada saat perusahaan menjual barang dagangnya, maka diperoleh pendapatan. Jumlah yang dibebankan kepada pembeli untuk barang dagang yang diserahkan merupakan pendapatan perusahaan yang bersangkutan”.

2.2.  Tools Aplikasi (Zahir Accounting 5.1)
2.2.1. Teori Zahir Accounting
Menurut Yuswanto dan Hanafi (2013:1) “Zahir Accounting Merupakan software akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software)”.
Zahir Accounting mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan software sejenis. Tampilan yang menarik baik dalam interface program maupun dalam penyajian laporan keuangan. Berbagai macam menu yang memudahkan pencatatan juga menjadi kelebihan dari zahir Accounting.
Zahir Accounting dibuat atas dasar 5 tipe transaksi dasar, yaitu:
1.        Penjualan produk dan jasa
2.        Pembelian bahan baku, barang dagangan, jasa dan aset tetap dari supplier
3.        Penerimaan kas
4.        Pengeluaran kas kepada supplier
5.        Pengeluaran kas gaji karyawan
Atas dasar kelima transaksi dasar tersebut, Zahir Accounting dirancang untuk mempermudah pembukuan, dimana seluruh jurnal akuntansi dan laporan akuntansi dibuat secara otomatis tanpa perlu mengerti teori akuntansi yang mendalam, Zahir juga meudahkan setiap pengguna dalam mengambil keputusan bisnis, karena dilengkapi dengan berbagai analisa laporan keuangan perusahaan, seperti analisa rasio, break even point alaysis, grafik dan laporan lainnya. Beberapa keunggulan Zahir dari produk lain adalah.
1.        Mudah digunakan
2.        Desaign interface yang menarik dan mudah dipahami
3.        Faktur dan Laporan dapat diedit
4.        Laporan dapat diemail dan di-export ke berbagai format
5.        Menggunakan database client server
6.        Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan
7.        Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (Audit Trail)
8.        Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus sesuai kewenangan akses/password
Konsep Zahir Accounting, bahwa akuntansi keuangan adalah mudah dan menggunakan aplikasi akuntansi keuangan adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan, bahkan oleh pengguna yang baru memulai mempelajari komputer dan akuntansi. Zahir dibuat pertama kali pada tahun 1992 dengan versi 1.0 dan pada tahun 1997, mulai sudah dikembangkan versi 2.0 dan mulai dipasarkan pada tahun 1999. Saat ini, Zahir sudah berada di versi 5.1.
2.2.2. Produk dan harga Zahir Accounting
Sumber :  Zahir Accounting software
Gambar II.I
Produk Zahir Accounting
1.        Zahir Small Business Accounting Versi 5.1
Untuk usaha kecil yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan, organisasi nirlaba dan perorangan, yang memerlukan pembukuan sederhana, mengelola uang, piutang, tagihan dan pelaporan yang lengkap namun dengan harga sangat terjangkau.
a.    General ledger, piutang usaha, hutang usaha
b.    Penjualan dan pembelian ( dengan modul persediaan yang sederhana)
c.    Pencatatan pemakaian barang dan stok opname
d.   Metode rata-rata
e.    Penentuan harga jual
f.     Kas dan bank, rekonsiliasi bank
g.    Mengelola kelebihan pembayaran
h.    Transaksi dapat diedit dan dihapus dengan fasilitas audit trail
i.      Mencetak faktur pajak (seluruh faktur dapat didesain )
j.      Grafik-grafik, analisa rasio, kalender, 80+ laporan
k.    Laporan dapat diklik untuk menampilkan detail transaksi
l.      Pencarian text pada laporan secara cepat
m.  Export laporan ke Excel, PDF, HTML, dan lain-lain dalam tampilan aslinya dan dapat dikirim melalui email.
n.    Multi company, hak akses bertingkat (max 5 user)
o.    Limitasi : maksimum omset penjualan 100 juta, maksimum 1000 transaksi perbulan, maksimum 1000 item barang.
2.2.3. Instalasi dan Menjalankan program Zahir Accounting 5.1
Untuk dapat menggunakan Zahir Accounting 5.1 terlebih dahulu anda harus menginstal di komputer PC atau notebook berbasis Windows (98/2000/XP/Vista).
Installer Zahir tersedia dalam paket program berupa CD atau dapat juga dengan mendownload versi demonya dari www.zahiraccounting.com. Cara instalasi Zahir ada 2 macam, yaitu instalasi dari CD ataupun instalasi multi user.
1.    Instalasi dari CD
a.    Tutup semua program yang terbuka
b.    Masukan CD installer ke Drive CD
c.    Selanjutnya akan ditampilkan from instalasi. Jika from instalasi tidak otomatis terbuka, maka jalankan program setup secara manual melalui Windows Explorer, Klik Start > My computer > Pilih Drive CD > jalankan Setup.exe.






Sumber : Zahir accounting software
Gambar II.2
Jalankan Setup.exe.
d.   Ikuti petunjuk yang tertera pada from instalasi, klik tombol Next untuk melanjutkan, dan isilah nama user dan nama perusahaan, pilih opsi typical, selanjutnya  klik Next hingga tombol finish tampil.
Setelah menjalankan program zahir klik tombol buka data sebelumnya untuk membuka data demo, selanjutnya klik Next hingga tombol cancel jika anda ditawarkan untuk memasukan password database server. Restart komputer terlebih dahulu jika anda gagal membuka data setelah instalasi dijalankan. Untuk uninstall program, Klik start > Control panel > Add Remove program > Pilih Zahir > Klik Remove/Uninstall.
2. Instalasi Multi user
Instalasi multi user ini hanya berlaku pada penggunaan jaringan LAN. Instalasi Zahir tetap harus dilakukan di masing-masing workstation (Komputer pengguna/ client) dan diperlukan satu komputer yang akan berperan sebagai server, pastikan Firebird database server telah ter-install di komputer server(pilih opsi complete pada form instalasi). Bila komputer server yang akan digunakan juga untuk menjalankan zahir, maka zahir harus di-install secara lengkap di komputer server, namun bila hanya sebagai server (penyimpan data) maka cukup di- install database server saja (pilih opsi custom pada form instalasi kemudian pilih data base server ). Catatan : Software Zahir dan Firebird Database Server telah disediakan pada installer Zahir (dijadikan satu).






3. Menjalankan Program Zahir Small Business Accounting Ver 5.1






                                                                                                                             

Sumber : Zahir accounting software
Gambar II.3
Menjalankan Program Zahir
Setelah menginstall program zahir maka anda sudah dapat menjalankan program tersebut. Untuk menjalankan program Zahir, klik tombol START > All Program > Zahir Small Business Accounting Ver 5.1 (atau sesuai dengan edisi Zahir yang telah di-install).






2.2.4.      Pengenalan antar muka












Sumber : Zahir Accounting software
Gambar II.4
Menu utama
Gambar diatas adalah tampilan program setelah anda membuka data keuangan. Klik pada bagian-bagian gambar untuk menampilkan informasi lebih lengkap.
1.    Menu program
Menu program berfungsi untuk mengakses funsi-fungsi program yang tidak terkait ke master data dan transaksi. Melalui menu ini dapat digunakan untuk membuat data baru keuangan, membuka data, kembali ke menu utama, membackup data, memperbaiki data, mengatur konfigurasi program, melakukan tutup buku.
2.    Modul program
Modul program ini berfungsi untuk mengelompokan fasilitas program berdasarkan data dan laporan. Contoh, untuk menginput data pelanggan atau menginput data barang, klik menu data-data, sedangkan untuk menginput transaksi pembelian, klik menu pembelian, untuk menampilkan laporan klik menu laporan.
Sumber : Zahir Accouting software
Gambar II.5
Modul Program
Modul program dirancang untuk memudahkan anda mengakses data dan menginput transaksi, disusun secara terstruktur dengan gambar-gambar yang mudah dimengerti.
a.    Menu Data-data
Klik data-data untuk menampilkan Menu master  data, melalui menu  ini anda dapat menampilkan daftar rekening perkiraan, untuk selanjutnya membuat data rekening baru, mengelola data pelanggan, vendor , barang , pajak, mata uang, dan lain-lain.
b.    Menu Buku Besar
Klik buku besar untuk menginput  transaksi jurnal umum dan menampilkan buku besar per-rekening perkiraan dan lain-lain.
c.    Menu penjualan
Klik penjualan untuk menginput transaksi yang terkait dengan penjualan, daftar piutang usaha, pembayar piutang usaha, mencetak faktur, dan lain-lain.
d.   Menu pembelian
Klik pembelian untuk menginput transaksi yang terkait dengan pembelian, daftar hutang usaha, pembayaran hutang usaha, mencetak faktur.
e.    Menu Kas dan Bank
    
Gambar II.6
Menu Kas dan Bank
Klik Kas dan Bank untuk menginput transaksi yang terkait dengan kas dan bank, seperti transaksi kas masuk dan kas keluar, transfer kas, rekonsiliasi bank gunakan menu penjualan > pembayaran piutang untuk pembayaran dari pelanggan, dan gunakan menu > pembelian > pembayaran hutang untuk pembayaran ke supplier. Agar transaksi pembayaran tersebut tercatat dikartu piutang atau hutang usaha.
f.     Menu persediaan
Klik persediaan untuk menginput transaksi yang terkait dengan persediaan, seperti transaksi pemakaian barang, pemindahan barang, perakitan, penyesuaian, stok opname, dan lain-lain.
g.    Menu laporan
Klik laporan untuk menampilkan daftar laporan yang tersedia, seperti untuk mencetak laporan laba-rugi, neraca, aliran kas, dan lain sebagainya. 
3.    Panel samping
Panel samping merupakan tampilan jendela informasi yang bervariasi sesuai dengan konteks form yang sedang terbuka. Untuk pertama kali akan ditampilkan shorcut ke menu analisa, data-data dan daftar transaksi penting. Selanjutnya, jika sedang membuka buku besar maka disini akan ditampilkan informasi tentang waktu penginputan, waktu pengeditan dan nama penginput transaksi, jika anda sedang melakukan rekonsiliasi bank maka disini akan ditampilkan informasi yang bersangkutan mengenai rekonsiliasi bank.
4.    Navigasi halaman
Untuk menjalankan navigasi halaman Klik tombol bergambar segitiga disebelah kiri untuk menuju halaman sebelumnya dan disebelah kanan untuk menuju halaman selanjutnya. Jika telah membuka beberapa form sekaligus maka tombol ini akan memudahkan untuk pindah dari satu form ke form lainnya.

5.    Area kerja
Disini merupakan area dimana Zahir akan menampilkan pilihan menu, daftar atau isi list data, formulir transaksi, dan lain-lain. Contoh diatas adalah menu kas dan bank yang tampil jika anda klik modul program > kas dan bank.


No comments:

Post a Comment